Kamis 08 Jun 2023 18:39 WIB

Di Mana Abu Bakar Saat Nabi Muhammad SAW Wafat?

Abu Bakar tidak berbicara sepatah kata pun sampai memasuki rumah Aisyah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Di Mana Abu Bakar Saat Nabi Muhammad SAW Wafat?
Foto:

Setelah itu, Abu Bakar RA menemui banyak orang, dan juga Umar bin Khattab yang sedang berbicara pada orang-orang dengan meletup-letup. Sejumlah orang ada di sekeliling Umar bin Khattab, dan di tangan Umar ada pedang yang mengancam orang yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW telah wafat.

Dalam kondisi itulah, Abu Bakar berkata:

أيها الحالف على رسلك، ثم قال: أما بعد، فمن كان يعبد محمداً صلى الله عليه وسلم فإن محمداً قد مات، ومن كان يعبد الله فإن الله حي لا يموت

"Wahai kalian yang bersumpah demi Rasul-Rasulmu, siapa yang menyembah Muhammad SAW, maka Muhammad telah wafat. Dan siapa yang menyembah Allah, maka Allah itu hidup dan kekal tidak mati."

Kemudian Abu Bakar membaca firman Allah SWT, "Dan Muhammad hanyalah seorang Rasul; sebelumnya telah berlalu beberapa rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa berbalik ke belakang, maka ia tidak akan merugikan Allah sedikit pun. Allah akan memberi balasan kepada orang yang bersyukur." (QS Ali Imran ayat 144)

Kemudian para sahabat menangis terisak-isak. Mereka keluar ke jalan-jalan seraya mengulang-ulang ayat tersebut. Anas Radhiyallahu Anhu berkata: "Seolah-olah kamu belum pernah mendengar ayat ini kecuali saat itu."

Padahal, Alquran telah sempurna pada zaman Rasulullah sebelum beliau wafat. Walaupun demikian, ayat ini seolah-olah ayat baru bagi mereka, dan itu disebabkan dahsyatnya musibah wafatnya Nabi SAW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement