Kamis 08 Jun 2023 18:39 WIB

Di Mana Abu Bakar Saat Nabi Muhammad SAW Wafat?

Abu Bakar tidak berbicara sepatah kata pun sampai memasuki rumah Aisyah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Di Mana Abu Bakar Saat Nabi Muhammad SAW Wafat?
Foto: Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Di Mana Abu Bakar Saat Nabi Muhammad SAW Wafat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin tak banyak yang tahu soal lokasi keberadaan Abu Bakar Ash-Shiddiq RA ketika Nabi Muhammad SAW wafat.

Saat itu, Abu Bakar RA sedang berada di Al-Awali (Alawali), sebuah daerah yang ada di sebelah barat Arab Saudi. Letaknya saat ini masuk di wilayah provinsi Madinah.

Baca Juga

Ketika berita tentang wafatnya Nabi Muhammad SAW itu sampai padanya, Abu Bakar pun langsung bergegas menunggang kudanya dan berhenti di Masjid Nabawi, Madinah.

Dilansir di Islam Online, Abu Bakar tidak berbicara sepatah kata pun kepada orang-orang sampai memasuki rumah Aisyah RA, tempat di mana Nabi SAW wafat. Abu Bakar melihat keadaan Nabi SAW sudah tertutupi kain.

 

Lalu Abu Bakar menyingkap kain tersebut untuk melihat wajah Nabi Muhammad. Dia menelungkup, mencium kening beliau SAW, dan menangis.

Kemudian Abu Bakar RA berkata: "Ayah dan ibu sebagai tebusan, sesungguhnya Allah tidak menghimpun dua kematian kepada engkau (wafat lalu hidup lagi kemudian wafat). Adapun kematian yang dicatatkan untuk engkau, maka engkau telah wafat." (HR Bukhari)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement