Kamis 08 Jun 2023 11:51 WIB

Hari Ini 1.391 Tahun Lalu Rasulullah SAW Wafat, Ini Busana Terakhir yang Dipakai Beliau

Rasulullah SAW wafat bertepatan dengan kalender Masehi 8 Juni 632 M

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Rasulullah SAW, Rasulullah SAW wafat bertepatan dengan kalender Masehi 8 Juni 632 M
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Rasulullah SAW, Rasulullah SAW wafat bertepatan dengan kalender Masehi 8 Juni 632 M

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Berdasarkan kalender Masehi, hari ini, 8 Juni adalah hari wafatnya Rasulullah SAW. Rasulullah wafat 1.391 tahun lalu, yaitu pada Senin, 8 Juni 632 Masehi atau 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriyah. Apa busana yang dikenakan Rasulullah SAW ketika wafat?  

Dikutip dalam buku Metode Rasulullah Mengatasi Problematika Rumah Tangga yang ditulis oleh Dr Abdussami' Anis dijelaskan bahwa ketika Rasulullah SAW wafat, busana yang digunakan untuk  Rasulullah SAW adalah kain hibarah. Apa itu kain hibarah? 

Baca Juga

Hibarah menurut penjelasan Ibnu Baththal adalah baju khas Yaman yang terbuat dari kapas. Ini adalah busana paling mewah di kalangan orang-orang Yaman. 

Dinamakan hibarah, sebagaimana disebutkan al-Qurthubi, karena busana ini diberi hiasan yang indah. Kata hibarah berasal dari kata tahbir yang artinya memberi hiasan yang indah. Keterangan ini didukung dengan sejumlah hadits sebagai berikut:

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ تُوُفِّيَ سُجِّيَ بِبُرْدٍ حِبَرَةٍ

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman, telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dia berkata, "Telah mengabarkan kepadaku Abu Salamah bin Abdurrahman bin Auf bahwa Aisyah radhiallahu'anha istri Nabi ﷺ telah mengabarkan kepadanya bahwa ketika Rasulullah ﷺ meninggal dunia, beliau ditutupi dengan kain hibarah (kain yang direnda atau bergaris). (Dalam Shahih Bukhari nomor 5814 versi Fath al-Bari ).

Baca juga: On This Day, 8 Juni 632 M Nabi Mhmmad SAW Wafat, Umar bin Khattab Sempat Tidak Percaya 

Dalam hadits riwayat Abu Daud dijelaskan bahwa hibarah itu kain yang halus dan terbaik dari Yaman.

حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ الْأَزْدِيُّ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ قَالَ قُلْنَا لِأَنَسٍ يَعْنِي ابْنَ مَالِكٍ أَيُّ اللِّبَاسِ كَانَ أَحَبَّ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ أَعْجَبَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْحِبَرَة

Telah menceritakan kepada kami Hudbah bin Khalid Al Azdi berkata, telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah dia berkata, "Kami berkata kepada Anas -maksudnya Anas Ibnu Malik-, "Baju apa yang paling disukai atau dikagumi oleh Rasulullah ﷺ?" ia menjawab, "Kain hibarah (yaitu kain halus yang berasal dari yaman menurut orang-orang yaman ini adalah kain terbaik)." (HR Abu Dawud nomor 4060 versi Baitul afkar ad Dauliah) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement