Rabu 07 Jun 2023 22:57 WIB

Apa Orang yang Sudah Meninggal Bisa Melihat Perbuatan Orang yang Masih Hidup?

Orang yang telah meninggal bisa melihat perbuatan-perbuatan orang hidup.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Apa Orang yang Sudah Meninggal Bisa Melihat Perbuatan Orang yang Masih Hidup? Foto:  Ilustrasi kuburan
Foto: Wikipedia
Apa Orang yang Sudah Meninggal Bisa Melihat Perbuatan Orang yang Masih Hidup? Foto: Ilustrasi kuburan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang telah meninggal berada di alam barzakh hingga datangnya hari kiamat. Bagi mereka yang mukmin dan mendapatkan rahmat serta maghfirah Allah akan merasakan kenikmatan di alam barzakh. Sedang bagi para pelaku maksiat yang meninggal dalam keadaan penuh dosa, mereka sudah merasakan beratnya siksa di dalam barzakh.

Namun demikian apakah orang-orang yang telah meninggal bisa melihat amal perbuatan yang dilakukan orang yang masih hidup?

Baca Juga

Dalam kitab at Tadzkirah, Imam Qurthubi menukil sebuah riwayat dari Ibnu Mubarak. 

قال ابن المبارك : وحدنا صفوان بن عمرو قال : حدثني عبد الرحمن بن جبير بن نفير: أن أبا الدرداء كان يقول: إن أعمالكم تعرض على موتاكم فيسرون، ويساؤون. قال : يقول أبو الدرداء: اللهم إني أعوذ بك أن أعمل عملا يخزى به عبد الله بن رواحة. 

Artinya: Ibnu Mubarok berkata: diceritakan Shofwan bin 'Amr, dia berkata: Diceritakan dari Abdurahman bin Jubair bin Nufair: bahwa Abu Darda berkata: Perbuatanmu akan diperlihatkan kepada orang-orang yang telah mati di antara kalian, maka mereka akan gembira (sebab melihat perbuatan baik) dan mereka akan tidak senang (bila melihat perbuatan jelek). Abu Darda kemudian berdoa: Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari amal yang dapat mendatangkan kehinaan bagi diri Abdullah bin Rawahah. 

Dari keterangan tersebut dapat dipahami bahwa orang yang telah meninggal bisa melihat perbuatan-perbuatan orang-orang yang dikerjakan orang yang masih hidup. Ia senang bila orang yang masih hidup itu melakukan amal kebaikan, sebaliknya ia akan sangat membenci bila melihat orang yang masih hidup melakukan perbuatan-perbuatan buruk. Seperti misalnya orang tua yang telah meninggal, maka juga dapat melihat perbuatan-perbuatan yang dilakukan anak-anaknya. Bila anak-anaknya itu saleh dan melakukan perbuatan yang baik maka orang tua yang telah meninggal pun akan bergembira. 

Wallahu'alam.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement