Senin 05 Jun 2023 15:04 WIB

Rahasia Mengapa Ayat Kursi Ditakuti Tuyul

Ayat kursi sejatinya adalah di antara ayat-ayat yang paling agung dalam Alquran.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Jamaah membaca Alquran. Rahasia Mengapa Ayat Kursi Ditakuti Tuyul
Foto: Republika
Seorang Jamaah membaca Alquran. Rahasia Mengapa Ayat Kursi Ditakuti Tuyul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Tasikmalaya tengah memperbincangkan aksi tuyul yang mengambil uang sejumlah warga di kampung Burujul. Warga pun sampai memasang spanduk memperingatkan pemilik tuyul agar bertobat.

Terlepas dari itu, ada banyak amalan yang dapat membentengi rumah dan harta dari perbuatan jahat makhluk yang tampak ataupun yang gaib. Salah satunya dengan mengamalkan ayat kursi. Lalu, mengapa ayat kursi menjadi yang ditakuti bangsa jin termasuk tuyul?

Baca Juga

Ayat kursi sejatinya adalah di antara ayat-ayat yang paling agung dalam Alquran. Semua ayat dan surat di dalam Alquran agung dan mulia serta memiliki keistimewaannya tersendiri.

Meski demikian, Allah SWT menjadikan ayat kursi, yakni surah al-Baqarah ayat 255 menjadi salah satu surat yang paling agung. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW:

يا أبا المنذر: أتدرى أى آية من كتاب الله أعظم؟ قال : قلت : الله ورسوله أعلم ، قال يا أبا المنذر أتدرى أى آية من كتاب الله معك أعظم ؟ قال قلت (الله لا إله إلا هو الحى القيوم ) قال فضرب بصدرى وقال والله ليهنك العلم أبا المنذر

Artinya: ”Wahai Abul Mundzir, tahukah kamu ayat apakah yang paling agung dalam Kitabullah (Alquran)? Aku berkata: ”Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berkata lagi:”Wahai Abul Mundzir, tahukah kamu ayat apakah yang ada padamu dari Kitabullah (Alquran) yang paling agung?” Ubay menjawab: "Aku katakan:”(الله لا إله إلا هو الحى القيوم ) ”Ubay berkata lagi:” lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menepuk dadaku dan berkata:”Semoga ilmu menyenangkanmu (Doa dari Nabi semoga Ubay mudah mendapatkan ilmu).”(Hal ini diriwayatkan oleh Imam Muslim Rahimahullah dalam Shahihnya dari Ubay bin Ka’ab Radhiyallahu ‘Anhu).

Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitab Al-Matalib Al-Aliyyah menjelaskan:

أفضل القرآن سورة البقرة، وأعظم آية فيه آية الكرسي، وإن الشيطان ليفرّ من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Artinya: Paling utamanya Alquran adalah surah al-Baqarah. Dan paling agungnya ayat di dalamnya adalah ayat kursi. Sesungguhnya setan niscaya akan lari dari sebuah rumah yang di dalamnya dibaca surah al-Baqarah.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata: ”Rasulullah bersabda:

ل شيئ سنام وسنام القرآن سورة البقرة وفيها آية هي سيدة آي القرآن ، هي آية الكرسي ).

Segala sesuatu memiliki puncak dan puncaknya Alquran adalah surah al-Baqarah dan di dalamnya ada ayat yang ia adalah penghulu ayat-ayat yang ada dalam Alquran; yaitu ayat Kursi.”

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Hakim dalam al-Mustadrak, Musnad a-Humaidi no. 994 dan ‘Abdurrazak dalam Mushannaf no. 6019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement