Sabtu 03 Jun 2023 04:47 WIB

Lima Hal yang Menghancurkan Bangsa, Salah Satunya Khianat

Khianat yang dilakukan elite bangsa misalnya, perilaku korupsi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga mengikuti Kirab Garuda memperingati Hari Lahir Pancasila di Pedukuhan Kanutan, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta, Kamis (1/6/2023).
Foto:

2. Merajalelanya perzinahan yang mendatangkan banyak kematian

Bila perzinahan sudah merajalela di suatu bangsa, bahkan praktik prostitusi dan penyimpangan seksual seperti LGBT terang-terangan dilakukan, maka bangsa tersebut akan mengalami lonjakan kematian. Sebab perilaku perzinaan bisa menjadi latar belakang terjadinya pembunuhan.

Belum lagi terjadinya aborsi yang juga membuat kematian. Lalu munculnya penyakit HIV AIDS. Juga konsumsi obat-obatan  yang membuat seseorang menjadi overdosis dan mengalami kematian.

3. Kecurangan dalam berbisnis yang mendatangkan kebangkrutan

Bila suatu bangsa curang dalam berbisnis, semisal mengurangi kualitas barang yang hendak dijualnya ke negara lain atau mengurangi timbangannya maka bangsa tersebut tidak akan lagi dipercaya oleh negara lain dalam bisnis. Sehingga perlahan-lahan rezeki bagi bangsa itu akan tertutup dan mengalami kebangkrutan.

4. Hukum yang tidak adil akan memunculkan pertumpahan darah

Bila hukum dalam suatu bangsa sudah tidak lagi menjunjung keadilan maka bangsa tersebut tengah berada dalam jurang perpecahan. Sebab karena hukum yang tidak adil akan muncul permusuhan hingga pertumpahan darah.

5. Sesama anak bangsa saling ingkar janji

Bila sesama anak bangsa sudah saling ingkar janji, berkhianat maka bangsa tersebut sudah menampakan kelemahannya yang memudahkan bagi musuh untuk menghancurkan bangsa itu. Maka tidak heran banyak terjadi perang saudara di suatu negara lalu adanya pihak ketiga yang menunggangi sehingga semakin memburuk. Itu bermula disebabkan terjadinya pengkhianatan, ingkar janji di antara sesamanya sendiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement