Rabu 31 May 2023 11:35 WIB

Ketika Rasulullah SAW Sampaikan Bahayanya Dajjal dalam Pidato Gerhana Matahari

Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

Rep: A Syalaby Ichsan / Red: Nashih Nashrullah
Fenomena Gerhana Matahari Total (ilustrasi). Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat
Foto:

"Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena meninggalnya seseorang dan tidak pula karena kelahiran seseorang. Jika kalian melihat kejadian tersebut, berdoalah kepada Allah. Agungkanlah Allah, shalatlah dan bersedekahlah, wahai umat Muhammad. Demi Allah, tidak ada seorang pun yang paling cemburu daripada Allah kala (menyaksikan) hamba-Nya berbuat zina atau budaknya hendak berbuat zina. Wahai umat Muhammad, demi Allah, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui (sekarang) niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis." Rasulullah pun mengungkapkan prediksi keadaan umatnya pada masa depan. 

ولَقدْ أُوحِيَ إليَّ أنَّكمْ تُفتَنُونَ في قُبورِكمْ ، مِثلَ أوْ قرِيبًا من فِتنةِ المسيحِ الدَّجالِ ، يُؤتَى أحدُكمْ فيُقالُ لهُ : ما عِلْمُكَ بِهذا الرجلِ ؟ فأمّا المؤمِنُ أوِ المُوقِنُ ، فيَقولُ : هوَ مُحمدٌ رَسولُ اللهِ ، جاءَنا بِالبيِّناتِ والهُدَى ، فأجَبْنا وآمَنّا ، واتَّبَعْنا ، هوَ مُحمدٌ ( ثلاثًا ) ، فيُقالُ لهُ : نَمْ صالِحًا ، قدْ علِمْنا إنْ كُنتَ لَمُوقِنًا به ، وأمَّا المنافِقُ أو المُرتابُ ، فيَقولُ : لا أدْرِي ، سمِعتُ الناسَ يَقولونَ شيئًا فقُلتُهُ

"Sungguh telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan diuji kala berada di kubur atau mendekati siksaan Dajjal. Salah seorang dari kalian didatangi (malaikat) lalu ditanyakan: 'Apa pengetahuanmu terkait dengan lelaki ini (yaitu Muhammad)? Jika ia seorang mukmin atau beliau menyatakan orang yang yakin—niscaya ia akan menjawab, 'Muhammad utusan Allah. Ia datang kepada kami dengan membawa petunjuk dan penjelasan.' Maka kami menerima seruannya dan kami beriman kepadanya serta mengikutinya.

Baca juga: Mualaf Lourdes Loyola, Sersan Amerika yang Seluruh Keluarga Intinya Ikut Masuk Islam

Lantas disampaikan padanya: Tidurlah dengan tenang, sebab sungguh kami telah mengetahui bahwa engkau benar-benar beriman.' Sedangkan orang munafik atau orang yang ragu-ragu, niscaya ia menjawab: 'Aku tidak tahu, aku dengar orang-orang menyatakan sesuatu, maka aku pun mengatakannya (sebagaimana yang mereka katakan).” (HR al-Bukhari no 1053 Kitab al-Kusuf).

Pada riwayat yang lain, Nabi SAW dalam khutbahnya pada sholat Khusuf juga bersabda, "… Kiamat tidak akan terjadi hingga (ditandai dengan ) keluarnya tiga puluh orang pendusta, yang terakhir kali munculnya adalah seorang yang buta, yaitu Dajjal. (Ciri-cirinya buta matanya yang sebelah kiri seperti mata yang dimiliki Abu Tahya. Ia adalah seorang yang telah berusia lanjut dari kaum Anshar yang tempat tinggalnya berada di antara rumahnya dengan kamar Aisyah).

Dajjal saat akan keluar (muncul di tengah-tengah manusia) niscaya dia meng aku sebagai Tuhan. Barang siapa beriman kepadanya, membenarkan dan mengikutinya niscaya amal kebajikannya yang telah lampau tidak memberikan kemanfaatan sedikit pun. Dan, barang siapa yang mengingkari dan mendustakannya, niscaya tidak akan disiksa dengan sebab amal keburukannya yang telah lalu.

Dajjal itu akan muncul di seluruh pelosok dunia kecuali di Tanah Haram dan Baitul Maqdis. Kehadiran mereka (Dajjal dan pengikutnya) meng hadirkan keguncangan dengan guncangan yang dahsyat. Kemudian Allah Ta'ala dan para tentara-Nya membinasakan dan menghancurkannya sampai-sampai fondasi dinding." (Dikutip dari buku Fiqih Sholat karangan Ibnul Qayyim al-Jauziyyah terbitan Pustaka as-Sunnah, 2011). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement