Senin 29 May 2023 19:49 WIB

Istri Nabi Luth Terkena Azab Kaum Sodom Tetapi 2 Putrinya Selamat, Ini Kisahnya   

Allah SWT mengazab istri Nabi Luth beserta kaumnya yang berbuat homoseksual

Rep: Imas Damayanti, Rossi Handayani   / Red: Nashih Nashrullah
Suasana pantai Laut Mati, Yordania yang menjadi saksi bisu binasanya kaum Nabi Luth. Allah SWT mengazab istri Nabi Luth beserta kaumnya yang berbuat homoseksual
Foto:

Perlu diketahui bahwa kaum Nabi Luth telah melarangnya menerima tamu laki-laki, “Menjauhlah dari kami. Sebab kamilah yang akan menerima kaum laki-laki.” 

Singkatnya, kaum Nabi Luth AS mengajak para malaikat ke rumahnya tanpa ada yang mengetahui seorang pun dari kaumnya kecuali keluarga.

Rupanya istri Nabi Luth AS yang bernama Walihah berkhianat. Begitu mengetahui ada sejumlah tamu laki-laki ke rumah suaminya, dia langsung mengabari kaumnya. 

Padahal, Nabi Luth sudah mewanti-wanti istrinya agar tidak membocorkan rahasia para tamunya. Namun dia tetap berkhianat.

Bahkan, pengkhianatan yang dilakukan istri Luth kepada suaminya itu sudah diabadikan dalam Alquran Surah At Tahrim ayat 10. 

ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا امْرَأَتَ نُوحٍ وَامْرَأَتتَ لُوطٍ ۖ كَاننَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ

“Allah membuat istri Nuh dan istri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)."

Nabi  Luth kemudian merasa ragu bertemu dengan para yamunya, namun kehormatan diri mengalahkan semua perasaan itu. 

Baca juga: 7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

Dia kemudian pergi secara sembunyi-sembunyi untuk bertemu tamunya. Namun nahasnya, sesampainya bertemu dengan para tamu itu, kaum Sodom sudah datang dan menemui para tamu yang merupakan malaikat itu. 

Mereka hendak berbuat perbuatan keji dan senonoh. Nabi Luth pun segera mengunci puntu rumahnya demi melindungi para tamu dari kekejian mereka.

Namun kaum Sodom tak berhenti mengganggu, mereka mencoba merangsek masuk dan menakut-nakuti Nabi Luth. 

Ketika Nabi Luth semakin resah, para tamu tersebut justru menenangkannya. Mereka menyampaikan pesan dari Allah SWT kepada Luth tentang azab yang akan menimpa kaumnya. 

 

Kemudian para malaikat itu memerintahkan Nabi Luth pergi di malam hari bersama seluruh keluarganya kecuali istrinya. Disebutkan bahwa waktu binasa kaum Sodom adalah di waktu Subuh.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement