Sabtu 27 May 2023 21:06 WIB

Mengapa Rasulullah SAW tidak Poligami Selama Berumahtangga dengan Khadijah?  

Rasulullah SAW tak poligami sampai Khadijah meninggal dunia

Rep: Imas Damayanti, Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi) Rasulullah SAW tak poligami sampai Khadijah meninggal dunia
Foto:

Rasulullah SAW berkata kepada Khadijah,  "Wahai Khadijah, apa yang terjadi denganku, sungguh aku merasa khawatir atas diriku sendiri." Setelah mendengar apa yang dialami suaminya itu, Khadijah berkata:

 كَلَّا أَبْشِرْ فَوَاللَّهِ لَا يُخْزِيكَ اللَّهُ أَبَدًا فَوَاللَّهِ إِنَّكَ لَتَصِلُ الرَّحِمَ وَتَصْدُقُ الْحَدِيثَ وَتَحْمِلُ الْكَلَّ وَتَكْسِبُ الْمَعْدُومَ وَتَقْرِي الضَّيْفَ وَتُعِينُ عَلَى نَوَائِبِ الْحَقِّ

"Tidak. Sampaikanlah kabar gembira. Demi Allah, Allah tidak akan mencelakakanmu demi selama-lamanya. Sesungguhnya engkau benar-benar seorang yang senantiasa menyambung silaturahmi, seorang yang jujur kata-katanya, menolong yang lemah, memberi kepada orang yang tak punya, engkau juga memuliakan tamu dan membela kebenaran." Akhirnya Khadijah pergi dengan membawa beliau hingga bertemu dengan Waraqah bin Naufal, anak pamannya Khadijah. 

2. Cerdas

Khadijah juga dikenal sebagai wanita yang cerdas. Hal ini terlihat ketika Malaikat Jibrik mendatangi Nabi Muhammad SAW. Saat itu Khadijah meminta Rasulullah untuk mengabari bila Jibril datang. Dalam kondisi itulah, Khadijah memberi ketenangan kepada Nabi SAW. 

Khadijah, meski tidak bisa melihat Malaikat Jibril, menyadari bahwa yang datang adalah Malaikat, bukan setan.

"Khadijah berkata, "Wahai anak pamanku, bertahanlah dan bergembiralah, demi Allah sungguh dia benar-benar Malaikat, dia bukanlah setan." 

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

3. Khadijah mendapat salam dari Allah SWT

عن أبي هريرة – رضي الله عنه – قال  أَتَى جِبْرِيلُ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ! هَذِهِ خَدِيجَةُ قَدْ أَتَتْ مَعَهَا إِنَاءٌ فِيهِ إِدَامٌ أَوْ طَعَامٌ أَوْ شَرَابٌ، فَإِذَا هِيَ أَتَتْكَ؛ فَاقْرَأْ  عَلَيْهَا السَّلامَ مِنْ رَبِّهَا – وَمِنِّي -، وَبَشِّرْهَا بِبَيْتٍ فِي الْجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ، لا صَخَبَ فِيهِ ولا نَصَبَ

Dalam hadits Abu Hurairah (Bukhari dan Muslim), disebutkan bahwa pada suatu ketika Jibril pernah datang kepada Rasulullah SAW sambil berkata, "Wahai Rasulullah, ini dia Khadijah. Ia datang kepada engkau dengan membawa wadah berisi lauk pauk, atau makanan atau minuman." 

 

"Apabila dia datang kepada engkau, maka sampaikanlah salam dari Allah dan dariku kepadanya. Selain itu, beritahukan pula kepadanya bahwa rumahnya di surga terbuat dari emas dan perak, yang di sana tidak ada kebisingan dan kepayahan di dalamnya." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement