Sabtu 27 May 2023 13:35 WIB

7 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Hari Kiamat

Kematian adalah kenyataan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ratusan muslimah membaca Alquran saat mengikuti kegiatan Bandung Bertadarus yang digelar Tim Penggerak PKK Kota Bandung, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (10/4/2023). 7 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Hari Kiamat
Foto:

4. Terus melakukan shalat malam atau tahajud.

5. Memiliki sopan santun terbaik dan berurusan dengan orang-orang dengan lembut dan ramah.

6. Berusahalah untuk bersedekah secara terus-menerus yang pahalanya akan bermanfaat bagi Anda setelah kematian.

7. Ketika Anda menikah insya Allah akan memiliki anak. Besarkan mereka sesuai dengan ajaran Islam sehingga mereka akan mengingat Anda dalam doa mereka sebelum dan sesudah kematian. 

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi berkata, “Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputus amalnya, kecuali tiga hal, yaitu: sedekah yang terus-menerus, ilmu yang bermanfaat bagi manusia, anak saleh yang mendoakannya.” (Muslim)

Nabi juga bersabda, “Setiap orang akan dinaungi oleh amalnya (pada hari kiamat) sampai diadili di antara manusia.” (Ibn Hibban)

"Singkatnya, Hari Kiamat tidak dapat dihindari dan kita harus percaya adanya kebangkitan setelah kematian dan bahwa kita akan berdiri di hadapan Allah dan bahwa kita akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan kita. Kita juga harus mempersiapkan diri untuk Hari itu mulai sekarang," jelas Mohsen Haredy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement