Sabtu 27 May 2023 13:35 WIB

7 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Hari Kiamat

Kematian adalah kenyataan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ratusan muslimah membaca Alquran saat mengikuti kegiatan Bandung Bertadarus yang digelar Tim Penggerak PKK Kota Bandung, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (10/4/2023). 7 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Hari Kiamat
Foto:

7 Tips Mempersiapkan Diri untuk Hari Kiamat dan Bertemu dengan Allah

1. Takutlah pada Allah. Takut kepada Allah adalah sebaik-baik bekal untuk hari kiamat. Dalam Alquran disebutkan, 

وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ

"Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!." (QS Al Baqarah ayat 197). 

2. Perbanyaklah amal kebaikan. Karena, apapun kebaikan yang Anda lakukan dalam hidup ini akan bermanfaat bagi Anda di akhirat.

3. Cintailah Allah dan Nabi-Nya. Karena, cintamu kepada Allah dan cintamu kepada Nabi juga akan bermanfaat bagimu di akhirat.

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa seorang pria bertanya kepada Nabi tentang Kiamat dengan mengatakan,

“Kapankah Kiamat itu terjadi?” Nabi berkata, “Apa yang telah kamu persiapkan untuk itu?” Laki-laki itu berkata, “Tidak ada, kecuali aku mencintai Allah dan Rasul-Nya.” Nabi berkata, "Kamu akan bersama orang yang kamu cintai." Kami tidak pernah begitu senang ketika kami mendengar sabda Nabi (yaitu, "Anda akan bersama orang-orang yang Anda cintai.") Oleh karena itu, saya mencintai Nabi, Abu Bakar dan Umar, dan saya berharap bahwa saya akan menjadi dengan mereka karena cintaku kepada mereka meskipun perbuatanku tidak sama dengan mereka. (Al-Bukhari)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement