Sabtu 27 May 2023 03:05 WIB

5 Ciri Pemimpin tidak Amanah

Pemimpin yang menyesatkan rakyat paling dikhawatirkan Rasulullah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Pemimpin. 5 Ciri Pemimpin tidak Amanah
Foto:

3. Pemimpin yang berbuat  sewenang-wenang (khianat, zalim). Ia memimpin hanya untuk meraih kekuasaan, uang, dan mendapat fasilitas dari negara. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya akan datang di tengah-tengah kalian, para pemimpin sesudahku, mereka menasihati orang, di forum-forum dengan penuh hikmah, tetapi jika mereka turun dari mimbar mereka berlaku culas, hati mereka lebih busuk daripada bangkai. Barang siapa yang membenarkan kebohongan mereka, dan membantu kesewenang-wenangan mereka, maka aku ,bukan lagi golongan mereka, dan mereka bukan golonganku, dan tidak akan dapat masuk telagaku. Barang siapa yang tidak membenarkan kebohongan mereka, dan tidak membantu kesewenang-wenangan mereka, maka ia adalah termasuk golonganku, dan aku termasuk golongan mereka, dan mereka akan datang ke telagaku.” (HR. At-Thabrani).

4. Pemimpin yang menyesatkan rakyat. Ini adalah tipe pemimpin yang paling dikhawatirkan Rasulullah SAW. Pemimpin seperti ini adalah pemimpin yang berbahaya, bahkan lebih berbahaya dari Dajjal laknatullah.

Rasulullah SAW bersabda: “Selain Dajjal, ada yang lebih aku takuti atas umatku, yaitu para pemimpin yang sesat.” (HR Ahmad).

5. Pemimpin yang merusak tatanan sosial masyarakat. Seperti merajalelanya kemaksiatan, kejahatan, narkoba, perzinaan, dan tindakan kriminal lainnya, sehingga tampak kerusakan nyata, tapi dibiarkan atau ada pembiaran oleh penguasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement