Kamis 25 May 2023 06:02 WIB

Tujuh Adab dan Doa Bangun Tidur di Pagi Hari

Adab dan doa bangun tidur diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Tujuh Adab dan Doa Bangun Tidur di Pagi Hari. Foto: Muslim berdoa sebelum tidur (ilustrasi).
Foto: republika
Tujuh Adab dan Doa Bangun Tidur di Pagi Hari. Foto: Muslim berdoa sebelum tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam Islam juga diajarkan beberapa adab atau tata cara setelah bangun tidur di pagi hari. Tidak hanya karena anjuran agama, dunia kesehatan juga menganjurkan agar orang bangun tidur sebelum waktu Subuh.

Jika belum mampu bangun sebelum Subuh, maka segeralah bangun saat Subuh berkumandang. Secara kesehatan, orang yang bangun Subuh, bahkan sebelum Subuh, akan mendapatkan oksigen yang banyak dan udara yang sehat. Dengan catatan setelah Subuh tidak tidur lagi.

Baca Juga

Dalam buku “Adab dan Doa Sehari-Hari untuk Muslim Sejati” terbitan Quanta, Thoriq Aziz Jayana telah menjelaskan beberapa adab dan doa bangun tidur di pagi hari.

1. Setelah bangun dari tidur, dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

 

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya aku dibangkitkan.”

Boleh juga membaca doa lainnya berikut ini:

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِي جَسَدِيْ وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdulillahil ladzi 'afani fi jasadi wa radda 'alayya ruhi wa adzina li bi dzikrihi.

Artinya: “ Segala puji bagi Allah yang telah menjaga kesehatan ragaku, mengembalikan nyawaku, dan mengizinkanku menyebut nama-Nya."

2. Segeralah duduk sambil mengusap wajah. Rasulullah SAW ketika bangun tidur langsung duduk seraya mengusap wajahnya dengan kedua tangan. Hal ini sangat baik untuk kita tiru. Selain karena sunah Rasul, juga agar kita tidak kembali mengantuk.

3. Hadirkan dalam hati betapa nikmatnya bangun tidur. Hadirkan rasa syukur dan kebahagiaan karena kita masih diberi kesempatan hidup saat ini.

4. Setelah itu pergilah ke kamar mandi. Lalu, cucilah tangan sampai bersih, karena kita tidak tahu ketika tidur tangan ini mungkin menyentuh bagian-bagian yang kotor. Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk kencuci kedua tangan setelah banguan tidur.

5. Setelah itu, lalu berwudhu lah. Selain karena mendapatkan pahala dari Allah juga untuk menyegarkan tubuh dan mengusir rasa kantuk.

6. Selanjutnya, menyikat gigi untuk menghilangkan kuman dan bau mulut. Rasulullah SAW juga terbiasa bersiwak setelah bangun tidur untuk membersihkan mulutnya.

7. Setelah selesai dari kamar mandi, upayakanlah membaca sepuluh ayat terakhir dalam surat Ali Imran, yakni dari ayat 191 sampai ayat 200.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement