Rabu 24 May 2023 18:22 WIB

Wapres Sebut Banyak Kader NU Sudah Silaturahim, Silakan Dipilih untuk 2024

Wapres menjelaskan ada banyak kader NU yang berkompeten menjadi pemimpin.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erdy Nasrul
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin kembali merespons kader Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi incaran bakal calon presiden (bacapres) maupun koalisi partai politik untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres). Saat ditanyai terkait peluang tokoh berlatar belakang NU seperti Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, dan lainnya, Kiai Ma'ruf mempersilakan sepenuhnya kepada bacapres maupun koalisi parpol.

"Semua sudah silaturahim dengan saya, jadi, ya, semua tentu silakan dipilih saja," ujar Kiai Ma'ruf dalam keterangannya kepada wartawan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga

Mantan rais aam PBNU ini mempersilakan jika ada pihak yang mengincar kader-kader NU untuk pilpres mendatang. Namun, saat ditanyai kemungkinan dirinya bersedia jika kembali dimajukan, Kiai Ma'ruf menegaskan tidak akan maju.

"Saya kan sudah tua saya sudah bilang umur saya sudah masuk 81, kan masih banyak yang muda-mudalah," ujarnya.

Kiai Ma'ruf beberapa waktu terakhir memang menerima silaturahim tokoh-tokoh politik yang juga kader NU. Mereka di antara Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar pada Senin (15/5/2023) lalu. Dalam kesempatan itu, Muhaimin mengklaim mendapat dukungan Kiai Ma'ruf untuk maju menjadi cawapres.

Sementara itu, silaturahim Wapres dengan tokoh-tokoh berlatar belakang NU lainnya yang disebut-sebut menjadi incaran cawapres adalah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pertemuan mereka terjadi di kediaman pribadi Wapres Ma'ruf bertepatan acara puncak peringatan Haul ke-130 Syekh Nawawi Al-Bantani, di Pondok Pesantren Annawawi Tanara, Tanara, Provinsi Banten, Jumat (19/5/2023) malam.

Dari pantauan Youtube resmi Sekretariat Wakil Presiden, Mahfud MD tiba di tempat acara tepat sebelum Wapres Ma'ruf Amin sekitar pukul 20.03 WIB. Kemudian, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah hadir terlebih dahulu di tempat. Terpantau juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono juga menghadiri acara tersebut.

halaman berikutnya >>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement