Selasa 23 May 2023 21:19 WIB

Ini Minuman yang Kelak akan Disuguhkan untuk Para Pemabuk di Neraka 

Para peminum khamar akan mendapatkan balasan setimpal di akhirat

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Miras. Para peminum khamar akan mendapatkan balasan setimpal di akhirat
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Miras. Para peminum khamar akan mendapatkan balasan setimpal di akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagian orang mungkin pernah menemukan seseorang yang kecanduan meminum minuman yang memabukkan. Bir, ciyu, tuak, anggur olahan, dan segala istilah dan jenis minuman lain yang memabukkan. Bahkan terkadang para pemuda rela mengumpulkan uang untuk bisa meminumnya. 

Nabi Muhammad SAW telah memberikan peringatan kepada mereka yang meminum minuman yang memabukkan, atau bahkan mereka yang telah kecanduan.

Baca Juga

عن جابر رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال أنَّ رَجُلًا قَدِمَ مِن جَيْشَانَ -وَجَيْشَانُ مِنَ اليَمَنِ- فَسَأَلَ النَّبيَّ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ عن شَرَابٍ يَشْرَبُونَهُ بأَرْضِهِمْ مِنَ الذُّرَةِ، يُقَالُ له: المِزْرُ، فَقالَ النَّبيُّ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: أَوَمُسْكِرٌ هُوَ؟ قالَ: نَعَمْ،عَمْ، قالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ، إنَّ علَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ عَهْدًا لِمَن يَشْرَبُ المُسْكِسْكِرَ أَنْ يَسْقِيَهُ مِن طِينَةِ الخَبَالِ، قالوا: يا رَسولَ اللهِ، وَما طِينَةُ الخَبَالِ؟ قالَ: عَرَقُ أَهْلِ النَّارِ، أَوْ عُصَاارَةُ أَهْلِ النَّارِ.

Diriwayatkan dari Jabir RA, dia bercerita bahwa suatu kali seorang lelaki dari Jaisyan, sebuah negeri di wilayah Yaman, datang kepada Nabi SAW. Lalu lelaki tersebut bertanya tentang jenis minuman yang dibuat oleh orang di negerinya yang disebut 'mizr', yang terbuat dari jagung. Kemudian Nabi SAW bertanya, "Apakah minuman itu memabukkan?" Dia menjawab, "Iya, memabukkan." 

 

Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda, "Setiap minuman yang memabukkan itu haram. Sesungguhnya Allah 'azza wa jalla telah menjanjikan bagi orang yang meminum minuman memabukkan akan diberi-Nya (kelak di akhirat) sejenis minuman yang terbuat dari 'thinatil khabal'." 

Lantas para sahabat bertanya, "Apa itu thinatil khabal, wahai Rasulullah?" Rasulullah SAW menjawab, "Keringat penduduk neraka." (HR Muslim)

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Sementara itu, dalam riwayat lain juga disebutkan tentang minuman para peminum khamar. 

عن أبي موسى، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " ثلاثة لا يدخلون الجنة: مدمن خمر، وقاطع رحم ، ومصدق بالسحر ومن مات مدمنا للخمر سقاه الله عز وجل من نهر الغوطة قيل: وما نهر الغوطة؟ قال: " نهر يجري من فروج المومسات يؤذي أهل النار ريح فروجهم  

Dari Abu Musa al-Asyari RA, dia berkata bahwa  Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tiga golongan ini tidak akan masuk surga. Orang yang kecanduan minum khamar, orang yang memutuskan tali persaudaraan, orang yang membenarkan sihir. Siapa yang mati dalam keadaan kecanduan minum khamar, maka Allah Azza wa Jalla memberi minum dia dari sungai Ghuwathah."

Kemudian sahabat bertanya apa itu sungai ghuwathah. Rasulullah SAW bersabda, "Sungai yang mengalir dari kemaluannya orang-orang yang berzina, yang menyakitkan penghuni neraka bau kemaluan mereka itu.”  (HR Ahmad dan Abu Ya’la)   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement