Selasa 23 May 2023 20:02 WIB

4 Fase Umur Umat Manusia yang Paling Krusial adalah 40 dan 60 Tahun, Ini Penjelasannya

Usia umat Nabi Muhammad SAW rata-rata adalah 60 tahun

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi usia umat Nabi Muhammad SAW. Usia umat Nabi Muhammad SAW rata-rata adalah 60 tahun
Foto:

Misalnya, apabila terjadi perceraian maka akan ditentukan anak tersebut akan ikut bersama ayah atau ibu.

Selain itu, di usia tujuh juga sudah mulai diperintahkan memisahkan antara laki-laki dan perempuan. Ustadz Raehanul menjelaskan mengapa perintah sholat di usia ini sungguh-sungguh harus diperhatikan. 

Sebab, sholat merupakan perintah yang luar biasa, sehingga Allah menurunkan langsung kepada Nabi Muhammad tan pa perantara. "Sholat inti kehidupan kita. Sholat bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar. Sholat adalah cara beribadah ber hubungan dengan Allah WT. Sehingga kalau perbaiki hidup maka perbaiki dulu sholatnya. Baik waktunya dan caranya," ujarnya.

Fase umur selanjutnya yang ha rus diketahui oleh umat Muslim yakni ketika memasuki usia 15 tahun. Usia ini, yaitu ketika manusia masuk pada umur akil baligh. Ketika sudah akil baligh maka manusia akan menanggung sendiri semua dosa-dosanya. 

Selanjutnya, usia 33 tahun salah satu fase yang juga disebutkan dalam nas Alquran. Menurut Ustadz Raehanul, 33 tahun merupakan usia manusia ketika berada di surga. Dan fase selanjutnya, yakni ke usia 40 tahun. 

Ustadz Raehanul menjelaskan, 40 tahun adalah batas usia pemuda. Ustadz Raehanul menyebutnya ma nusia masuk pada fase de wasa. Di fase ini merupakan momen mengecek ulang perjalanan hidupnya.

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

"Inilah usia menjadi chek point dari perjalanan kita yang jauh menuju kematian. Usia 40 tahun yaitu merenung. Melurus kan kembali tujuan hidup. Dia mulai tinggalkan dunia masa mudanya. Oleh karena itu doanya minta kepada Allah kemampuan bersyukur. Artinya tidak perlu merisaukan lagi duniamu," kata Ustadz Raehanul. 

Fase umur selanjutnya, yaitu usia 60 tahun. Menurut dia, Allah SWT tidak memberikan toleransi hukum kepada umat Muslim dari setiap amal yang dikerjakannya. Oleh karena itu, Ustadz Raehanul menyerukan agar fokus beramal ketika memasuki usia 60 tahun. 

 

Namun, dia menegaskan, yang terpenting menjalankan setiap fase umurnya dengan amal yang baik. Pasalnya, Allah SWT akan meminta pertanggungjawaban manusia di setiap detik hidupnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement