Selasa 23 May 2023 20:02 WIB

4 Fase Umur Umat Manusia yang Paling Krusial adalah 40 dan 60 Tahun, Ini Penjelasannya

Usia umat Nabi Muhammad SAW rata-rata adalah 60 tahun

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi usia umat Nabi Muhammad SAW. Usia umat Nabi Muhammad SAW rata-rata adalah 60 tahun
Foto: Pixabay
Ilustrasi usia umat Nabi Muhammad SAW. Usia umat Nabi Muhammad SAW rata-rata adalah 60 tahun

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Dalam hal umur manusia, terdapat rahasia-rahasian yang harus diketahui oleh umat Muslim. Di dalam rahasia tersebut terdapat hal penting yang mesti diketahui untuk kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat. 

"Kita perlu tahu hal-hal penting disetiap umur kita baik secara syariat maupun medisnya. Umur kita akan dipertanggungjawabkan," ujar Ustadz Raehanul Bahraen dalam kajian Islam Masjid Nurul Iman Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta, dengan tema "Rahasia Umurmu", dikutip dari dokumentasi Harian Republika, Selasa (23/5/2023). Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

  لَا تَزُوْلُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ أَرْبَعٍ عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ جَسَدِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ مَاذَا عَمِلَ فِيْهِ وَعَنْ مَالِهِ مِننْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ (رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ وَالتِّرْمِذِيُّ)   

“Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak dari tempat hisabnya pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai empat hal: (1) umurnya, untuk apakah ia habiskan, (2) jasadnya, untuk apakah ia gunakan, (3) ilmunya, apakah telah ia amalkan, (4) hartanya, dari mana ia peroleh dan dalam hal apa ia belanjakan.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban)   

 

Sabda tersebut jelas bahwa umur akan menjadi satu pertanyaan yang harus dijawab di pengadilan akhirat nanti. Menurut Ustadz Raehanul, Allah SWT akan meminta pertanggungjawaban setiap detik umur manusia selama di dunia. 

Ustadz Raehanul mengungkapkan bahwa umur manusia akan mengalami beberapa fase sebagaimana disebutkan dalam nas Alquran. Maka dari itu, umat Islam harus mengetahui dan mem perhatikan setiap fase yang akan dijalaninya. 

Fase pertama yang disebutkan dalam nas adalah usia manusia ketika masuk dua tahun. Pada usia tersebut, khususnya seorang ibu untuk menyusui anaknya. Di usia ini seorang anak harus diberikan air susu ibu (ASI).

Baca juga: Disebut Pengkhianat, Ini Daftar Santri Alumni Pesantren Sidogiri yang Jadi Tokoh Nasional 

"Semua sepakat agama, medis, ASI itu sangat penting. Paling penting mengandung imunitas yang tinggi. Jangan sampai perempuan melalaikannya. Hak anak ASI dua tahun. Sehingga perlu diperhatikan oleh ayah dan ibu," kata Ustadz Raehanul. 

Ustadz Raehanul menyarankan agar berusaha dengan maksimal agar anak mendapat ASI selama masih usia dua tahun. Menggunakan susu selain ASI hanya boleh diberikan jika dalam keadaan darurat.

Kemudian usia tujuh tahun juga disebutkan dalam nas Alquran. Fase ini ada hal penting yang harus diketahui oleh umat Muslim. Pasalnya, di usia ini orang tua diminta agar menyuruh anaknya melaksanakan sholat. 

Pada usia ini, kata dia, seorang anak sudah berada pada level mumayiz atau sudah bisa membedakan antara baik dan buruk. Anak juga sudah mulai men dapatkan hukum-hukum pada dirinya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement