Ahad 21 May 2023 19:35 WIB

Masjid Kilakari Juma dengan Arsitektur Mirip Kuil, Puncak Pertemuan Budaya di India

Masjid Kilakarai Juma menjadi permata mahkota pertemuan budaya yang menakjubkan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Arsitektur Masjid Kilakari Juma di India. Bangunannya terinspirasi oleh Kuil Ramanathaswamy yang terkenal di pulau terdekat Rameswaram.
Foto: The Siasat Daily
Arsitektur Masjid Kilakari Juma di India. Bangunannya terinspirasi oleh Kuil Ramanathaswamy yang terkenal di pulau terdekat Rameswaram.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGALURU -- India merupakan rumah bagi hampir semua agama besar di dunia. Selama berabad-abad, negara ini secara konstan terpapar oleh beragam budaya, yang membuatnya memiliki sejumlah bangunan warisan yang indah.

Bangunan-bangunan ini seolah menggambarkan pengaruh berbagai gaya dan filosofi arsitektur. Arsitekturnya terlihat saling meminjam atau mengakomodasi, ditambah dengan unsur-unsur lokal.

Baca Juga

Salah satu contoh peleburan budaya yang paling mencolok adalah Masjid Kilakari Juma. Bentuk bangunan ibadah yang terletak di kota kecil yang tidak terkenal di tepi selatan India ini tidak seperti bangunan lain yang bisa ditemukan di seluruh negeri.

Dilansir di Gulf News, Ahad (21/5/2023), Kilakarai merupakan kota kecil yang sepi di Pantai Timur India. Sebagian besar penduduknya adalah orang Moor India, keturunan campuran Arab, Tamil, Melayu dan Sinhala.

Melihat dari masyarakatnya, tidak aneh jika kota tersebut memiliki sejarah yang kaya. Di sisi lain, qilayah ini juga menjadi pos perdagangan utama di masa lalu, dengan mutiara, kerang dan barang dagangan laut lainnya sebagai sumber pendapatan utama.

Adapun Masjid Kilakarai Juma ini lantas menjadi permata mahkota pertemuan budaya yang menakjubkan. Lahir dari sinkronisasi unik elemen sosial dan demografis, Masjid Kilakara Juma terinspirasi oleh Kuil Ramanathaswamy yang terkenal di pulau terdekat Rameswaram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement