Kamis 18 May 2023 06:46 WIB

Doa Agar Selamat dari Sifat Dengki

Doa merupakan bagian dari ibadah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Berdoa. Doa Agar Selamat dari Sifat Dengki
Foto: Pixabay
Ilustrasi Berdoa. Doa Agar Selamat dari Sifat Dengki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai adab, kesopanan, dan permohonan kepada Allah SWT, umat Islam selalu diimbau untuk menghaturkan doa. Salah satu doa yang perlu dibaca adalah selamat dari sifat dengki.

Dalam buku Kumpulan Doa-Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan doa selamat dari sifat dengki. Berikut lafadznya.

Baca Juga

Doa Agar Selamat dari Sifat Dengki

"Robbana-ghfirlana wa li-ikhwanina alladzina sabaquna bil-iman wa laa taj'al fi qulubina gillan lilladzina aamanu Robbana innaka ro'ufurrahim,".

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman. Dan janganlah Engkau biarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang,".

Jika ibadah digambarkan ke dalam struktur tubuh manusia, doa merupakan bagian otaknya ibadah. Doa berperan merencanakan, memulai, dan mengevaluasi. Saat seseorang hendak melakukan pekerjaan dengan berdoa, berarti dia sedang merencanakan sesuatu. Hal ini juga serupa jika doa diibaratkan dengan sebuah pekerjaan yang mendapatkan imbalan.

Seseorang yang melakukan pekerjaan pada sebuah perusahaan tentunya akan mendapatkan imbalan atas pekerjaannya. Orang yang berdoa pun akan mendapatkan imbalan, baik imbalan pahala atas apa yang dikerjakan maupun imbalan berupa terkabulnya doa.

Kesimpulannya, doa merupakan bagian dari ibadah. Makin banyak doa dipanjatkan, maka makin banyak imbalan atau pahala yang akan didapatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement