Rabu 17 May 2023 10:11 WIB

Netizen Indonesia Serbu Akun Federasi Sepak Bola Thailand Seusai Final SEA Games

Thailand dinilai netizen Indonesia tidak sportif dalam kekalahan di partai final.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Cuplikan video keributan laga final SEA Games 2023, Indonesia vs Thailand
Foto: VTV5
Cuplikan video keributan laga final SEA Games 2023, Indonesia vs Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Panasnya duel final cabang olahraga sepak bola putra pada SEA Games 2023 masih terasa. Ini karena partai mempertemukan tim nasional Indonesia U-22 melawan Thailand U-22 berlangsung dramatis.

Ada banyak ketegangan. Tak hanya adu teknik dan taktik, bentrok fisik juga muncul. Wasit sampai mengeluarkan 16 kartu kuning dan enam kartu merah. Hasil akhirnya, Garuda Muda membantai Gajah Perang 5-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Baca Juga

Ini emas ketiga Indonesia di cabor sepak bola putra, sepanjang keikutsertaan di pesta olahraga antarnegara-negara Asia Tenggara. Fakta demikian menunjukkan peningkatan pencapaian Indonesia di lapangan hijau.

Walau demikian, netizen Indonesia tetap menyerang akun Instagram Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) @fathailandofficial. Fan timnas Indonesia ternyata meluapkan amarahnya menyaksikan provokasi yang dilakukan kubu lawan sehingga manajer tim Sumardji menderita luka di bibir karena dipukul ofisial Thailand.

"Lu selebrasi depan bench Indonesia, giliran dibales ngamuk," tulis akun Anwar Hidayatulloh di salah satu unggahan FAT, Rabu (17/5/2023).

"Permisi cuma mau bilang, selebrasi kalian norak. Terima kasih," tulis akun centang biru poncotempo.

"Indonesia negara terbesar keempat di dunia, masa iya kalah sama negara seluas pulau Sumatra," tulis akun junabagus_22.

"Mamam tuh dikasih 2-1 malah ngelunjak, yaudah 5-2 biar agak sangar dikit," kata akun catonpgstoe.

Ada juga yang mencoba menulis secara adil. "Tindak si pemukul baik dari tim Thailand dan Indonesia, gak cuma kartu merah," tulis akun unikpetir.

Masih banyak komen lainnya yang tertulis. Pemilik akun sampai membatasi kolom komentar. Partai semalam benar-benar menguras fisik dan emosi.

Ini bukan kali pertama netizen Indonesia melancarkan hujatan ke sepak bola Thailand. Setahun lalu, netizen Indonesia juga melakukan hal serupa. Kala itu diarahkan ke akun resmi timnas Thailand @changsuek. Penyebabnya, Thailand dan Vietnam dianggap tidak sportif sengaja bermain imbang tanpa ada intensi untuk menang pada ajang Piala AFF U-19 2022. Skor imbang 1-1 pada laga itu membuat Indonesia tersingkir. Netizen Indonesia murka karena sejak menit ke-70, pemain kedua tim hanya memutar-mutar bola tanpa terlihat hendak mencetak gol tambahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement