Senin 15 May 2023 17:24 WIB

Doa Masuk Masjidil Haram dan Artinya

Dianjurkan membaca doa saat masuk Masjidil Haram.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Doa Masuk Masjidil Haram dan Artinya. Foto:  Jamaah Haji tengah berada di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: Republika
Doa Masuk Masjidil Haram dan Artinya. Foto: Jamaah Haji tengah berada di Masjidil Haram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjidil Haram adalah masjid yang berlokasi di pusat kota Makkah dan menjadi tempat tersuci bagi umat Islam. Masjidil Haram dibangun mengelilingi Kabah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah sholat.

Berikut ini adalah doa masuk Masjidil Haram dan artinya:

Baca Juga

اللَّهُمَّ أَنتَ السَّلاَمُ وَ مِنكَ السَّلاَمُ وَاِلَيكَ يَعُودُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا يَا رَبَّنّا بِالسَّلاَمِ وَ أَدخِلنَا الجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكتَ رَبَّنَا وَ تَعَالَيتَ يَا ذَاالجَلاَلِ وَالاِكرَام

للَّهُمَّ افْتَحْ لِي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ. بِاسْمِ اللَّهِ وَالحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ

Allahumma antassalaamu waminkassalaamu wailaika yaudussalaamu fakhayyanaa yaa rabbunnaa bissalaami wa’adkhilnaljannata daarassalaam taabarakta rabbanaa wata’alaita yadzaljalaali wal ikram.

Artinya, "Ya Allah, Engkau sumber keselamatan, dari-Mu datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami, wahai Tuhan kami, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan."

"Ya Allah, ampuni dosa-dosaku dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu. (Aku masuk masjid ini) dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta sholawat dan salam untuk Rasulullah."

Dilansir dari buku Doa dan Zikir Manasik Haji dan Umroh yang diterbitkan Kementerian Agama RI, 2020.

Untuk diketahui, Masjidil Haram dibangun kembali oleh Khalifah Umar bin Khattab pada 17 Hijriyah. Saat ini luasnya lebih dari 750.000 meter persegi dengan daya tampung dua juta jamaah sholat.

Area Masjidil Haram sangat luas. Bangunannya terdiri atas empat lantai, dengan 95 pintu masuk pada masjid bangunan lama dan 79 pintu pada bangunan baru. Di Masjidil Haram terdapat Kabah, tempat thawaf, tempat sa’i dan halaman untuk sholat. Semua bagian ini tidak terpisahkan dari Masjidil Haram.

Masjidil Haram adalah tempat jamaah haji berkumpul untuk mengerjakan thawaf, sa’i, sholat dan i’tikaf. Sholat di Masjidil Haram memiliki keutamaan 100.000 kali lipat dibanding sholat di masjid lain.

Saat masuk masjid, setiap orang disunahkan melaksanakan tawaf sunnah, bukan sholat tahiyyatul masjid, meskipun sebagian ulama membolehkan sholat tahiyyatul masjid bahkan di waktu larangan sekalipun, misalnya setelah sholat Subuh atau Ashar. Berbagai keutamaan ini memotivasi jamaah haji untuk berbondong-bondong mendatangi Masjidil Haram, baik siang maupun malam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement