Senin 15 May 2023 12:59 WIB

Habib Bahar Bin Smith Ditembak, Nasihat Bijak Habib Abu Bakar untuk Habaib Beredar

Habaib atau para habib diminta untuk sampaikan ceramah dengan santun

Rep: Andrian Saputra, Shabrina Zakaria   / Red: Nashih Nashrullah
Habib Bahar bin Smith. Habaib atau para habib diminta untuk sampaikan ceramah dengan santun
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Habib Bahar bin Smith. Habaib atau para habib diminta untuk sampaikan ceramah dengan santun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kasus penembakan terhadap Habib Bahar bin Smith masih dalam penyelidikan Polres Bogor, Jawa Barat. HBS ditembak oleh orang tak dikenal pada Jumat (12/5/2023).  

Terlepas dari kasus penembakan HBS, beredar video berisi nasihat dari Habib Abu Bakar bin Hasan Al Attas Az Zabidi yang ditujukan khususnya kepada Habib Bahar bin Smith dan Habib Hanif Al Athas sehubungan dengan kegaduhan yang timbul tentang persoalan silsilah habib dan Wali Songo.  

Baca Juga

Video tersebut telah diunggah banyak kanal Youtube, di antaranya oleh kanal Youtube Pondok Pesantren Jamiyatul Ikhwan dengan judul "Permohonan Maaf Habib Abu Bakar ke Dzuriyah Walisongo dan Pribumi". Selain itu, video serupa juga diunggah kanal Youtube Benteng Nusantara dan beberapa kanal lainnya. 

Dalam petikan video tersebut, Habib Al Abu Bakar memberikan nasihat kepada HBS dan Habib Hanif Al Atas agar menunjukkan akhlak yang baik dalam berceramah. Selain itu, dia juga meminta agar keduanya tidak sembarangan terhadap para pribumi.  

"Saya juga minta Bahar bin Smith kalau ceramah berakhlak yang baik. Jangan kamu tunjukkan kepada masyarakat semakin nilainya kepada alawiyyin itu semakin kecil karena perilaku kamu yang tidak baik. Juga Hanif Al Athas juga jangan sembarangan, jangan sembarangan. Jangan kira pribumi takut sama kamu. Tidak sama sekali. Kalau mereka, kalau mereka mau saja kerjain, satu kali, habis kamu roboh rata, tidak ada yang bisa tolong, orang punya kesabaran ada batasnya," kata Habib Abu Bakar.  

Dia meminta agar para habib menghormati dan menyayangi para kiai. Dia juga memohon maaf kepada para kiai atas kegaduhan yang timbul berkaitan dengan silsilah nasab Wali Songo.  

Baca juga: 7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

"Ini para kiai sangat hormat pada kita, sangat sayang pada kita, mereka masih membaca aurad kita punya orang tua, ratibul Haddad, ratibul Athas, wirdul Latif, ini semua harus kita mengucapkan terima kasih kepada mereka. Mereka masih mau membaca dan mau melihat," katanya.  

Habib Bahar bin Smith dilaporkan terkena tembakan dari orang tak dikenal pada Jumat (12/5/2023) malam WIB. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement