Kamis 11 May 2023 09:58 WIB

Rambut Sudah Banyak Uban adalah Tanda Peringatan Dekat dengan Kematian?

Terdapat tanda-tanda menunjukkan dekat kematian

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Penyebab uban muncul lebih cepat sebelum waktunya. (ilustrasi). Terdapat tanda-tanda menunjukkan dekat kematian
Foto: www.freepik.com
Penyebab uban muncul lebih cepat sebelum waktunya. (ilustrasi). Terdapat tanda-tanda menunjukkan dekat kematian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebenarnya manusia telah diberikan peringatan akan semakin dekatnya ajal. Bagi orang-orang yang berpikir dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa, pasti dapat menangkap tanda-tanda yang menjadi peringatan agar menyadari bahwa kematian itu begitu dekat. Apa tanda-tanda itu? 

Dalam kitab at-Tadzkirah karya Imam Qurthubi dijelaskan bahwa ketika malaikat ditanya para nabi tentang tanda-tanda peringatan bagi manusia agar waspada menghadapi kedatangan malaikat maut sebagai malaikat yang akan mencabut nyawa manusia, maka malaikat maut pun menjelaskan tanda-tandanya. 

Baca Juga

Tanda bagi manusia tersebut menjadi pengingat bagi manusia agar sadar bahwa kematian itu sangat dekat. Yakni adalah semakin melemahnya tenaga, penyakit, tumbuhnya uban, usia yang semakin tua, melemahnya penglihatan dan pendengaran, semua itu adalah tanda-tanda yang menjadi peringatan bagi manusia untuk sadar bahwa maut itu sangat dekat.  

ورد في الخبر : أن بعض الأنبياء عليه السلام قال لملك الموت: أما لك رسول تقدمه بين يديك، ليكون الناس على حذر منك؟  قال: نعم، والله لي رسل كثيرة من الإعلال، والأمراض، والشيب، والهموم، وتغير السمع، والبصر، فإذا لم يتذكر من نزل به ذلك ولم يتب وإن قبضته ناديته: ألم أقدم إليك رسولا بعد رسول ونذيرا بعد نذير؟ فأنا الرسول الذي ليس بعدي رسول، وأنا النذير الذي ليس بعدي نذير، 

Diceritakan bahwa sejumlah nabi bertanya kepada malaikat maut: "Apakah kamu tak mempunyai utusan yang memberi peringatan kepada manusia agar mereka bersiap-siap menerima kedatanganmu?  

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Malaikat maut menjawab, 'ya, demi Allah, aku telah memberi peringatan kepada manusia dengan mengirim utusan yang sangat banyak, di antaranya tenaga yang sudah melemah, penyakit, uban yang mulai tumbuh, usia yang sudah tua, serta berubahnya pendengaran dan penglihatan. Apabila orang itu belum juga bertaubat, padahal aku telah mengirim utusan-utusan yang banyak kepadanya, maka ketika aku mencabut nyawanya akan aku katakan kepadanya: 'Bukankah aku telah mengirimkan kepadamu setelah datang para utusan (rasul) dan memberikan peringatan kepadamu setelah datang pemberi peringatan? Aku adalah utusan dan pemberi peringatan yang terakhir.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement