Rabu 10 May 2023 16:22 WIB

Cara Mendidik Anak yang Dicontohkan Nabi Yaqub

Orang tua dituntut menunjukkan sikap dan perilaku luhur di hadapan anak.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
 Anak-anak Muslim Pakistan saling bertegur sapa usai sholat Idul Fitri di Peshawar, Pakistan, Sabtu (22/4/2023). Cara Mendidik Anak yang Dicontohkan Nabi Yaqub
Foto:

Nabi Yaqub, seperti dikutip dari penjelasan M Thalib dalam 50 Pedoman Mendidik Anak Menjadi Shaleh, tetap menunjukkan perilaku yang terpuji. Apa yang dikatakan Nabi Yaqub, seperti dalam ayat tersebut, merupakan cerminan pengajaran akhlak terpuji kepada putra-putranya, walaupun mereka telah berbuat jahat kepada saudaranya sendiri.

Tak dipungkiri, perilaku anak sering kali membuat resah orang tua. Misalnya, anak merengek minta dibelikan motor, mobil, atau bahkan helikopter. Padahal orang tuanya tidak bisa membelikannya.

Dalam menghadapi kondisi tersebut, orang tua harus menunjukkan akhlak terpuji sebagai bentuk pengajaran akhlak kepada anaknya. Jangan menghardik, memaki atau bahkan memukul. Termasuk mengeluarkan kata-kata kasar. Jika ini dilakukan, maka sama saja dengan menanamkan akhlak yang tak baik kepada anak.

Orang tua dituntut menunjukkan sikap dan perilaku luhur di hadapan anak, supaya mereka terlatih dalam merasakan akhlak yang terpuji. Akhlak yang mulia, adalah pangkal dari perbuatan dan perkataan orang tua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement