Selasa 09 May 2023 07:46 WIB

Doa Agar Indonesia Jadi Negeri Aman Damai, Dicontohkan Nabi Ibrahim untuk Makkah

Nabi Ibrahim alaihissalam mendoakan Kota Makkah agar aman

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Orang berdoa (ilustrasi). Nabi Ibrahim alaihissalam mendoakan Kota Makkah agar aman
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang berdoa (ilustrasi). Nabi Ibrahim alaihissalam mendoakan Kota Makkah agar aman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Salah satu bentuk cinta terhadap Tanah Air adalah dengan senantiasa mendoakannya sehingga menjadi negeri yang aman dan damai penuh dengan keberkahan. 

Selain itu mendoakan agar generasi penerus menjadi generasi yang bertauhid, sehingga kelak negri tersebut dipimpin orang-orang yang memiliki keimanan yang kuat kepada Allah SWT.

Baca Juga

Berikut di antara doa memohon agar Allah SWT menjadikan negeri yang kita tempati menjadi negeri yang aman serta menjadikan generasi penerus sebagai generasi yang jauh dari perbuatan syirik.  

رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ Robbij'al hadzal balada aaaminaan wajnubniy wa banyak an na'budal asnaam 

“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” 

Doa ini sejatinya adalah doa yang pernah dipanjatkan Nabi Ibrahim alaihissalam untuk kota Makkah. Doa ini terdapat pada Alquran surat Ibrahim ayat 5.

Terbukti hingga saat ini Makkah adalah sebuah kota yang sangat kondusif di mana penduduk kota tersebut juga memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi serta tercukupi segala kebutuhannya. 

Bahkan pada masa menjelang kelahiran Nabi Muhammad SAW, Makkah pernah diinvasi tentara Abrahah, Namun invasi dengan tujuan menghancurkan Kabah itu gagal total karena Allah SWT menjaga keamanan kota Makkah dengan mengirimkan burung-burung ababil yang membawa batu dari neraka. 

Baca juga: Shaf Sholat Campur Pria Wanita di Al Zaytun, Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Hukumnya

Makkah sebuah wilayah yang dulunya tandus kini menjadi kota yang sejahtera, penuh dengan buah-buahan, dan melimpahnya air.  

Kendati doa ini dibaca Nabi Ibrahim untuk kota Makkah, namun boleh bagi umat Muslim di Indonesia berdoa dengan doa tersebut dengan tujuan agar Allah SWT memberikan keamanan, keberkahan, dan rahmatnya bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Serta menjadikan anak-anak Indonesia menjadi putra putri yang kuat imannya kepada Allah SWT. Aamiin  

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement