Senin 08 May 2023 15:59 WIB

Tata Cara Tayamum yang Diajarkan Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad mengajarkan tata cara tayamum.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Tata Cara Tayamum yang Diajarkan Nabi Muhammad. Foto: Tayamum
Foto: prayerinislam
Tata Cara Tayamum yang Diajarkan Nabi Muhammad. Foto: Tayamum

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tayamum diperbolehkan bagi orang Islam yang tidak memiliki kemampuan menjangkau air untuk bersuci. Meski begitu, bertayamum tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, ada tata cara yang baik dan benar yang diatur dalam fikih dengan bersumber dari Nabi.

Abdul Qadir Muhammad Manshur dalam kitab Panduan Shalat An-Nisaa menjelaskan mengenai tata cara tayamum yang benar sebagaimana yang dicontohkan Nabi.

Baca Juga

Dalam sebuah hadits, Ammar bin Yasir berkata, "Ketika dalam sebuah perjalanan, aku junub. Aku pun berguling-guling dan mengerjakan sholat. Kemudian aku menceritakan hal itu kepada Nabi Muhammad SAW, beliau pun bersabda, "Sebenarnya cukup bagimu melakukan demikian,".

Kemudian beliau memukulkan tangan beliau ke tanah lalu mengusapkannya pada wajah dan kedua tangan beliau,". (HR Abu Syaibah, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa'i, dan Ibnu Majah).

 

Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tayamum itu dua pukulan: satu pukulan untuk wajah dan satu pukulan untuk kedua tangan sampai kedua siku,". (HR Thabarani dan Hakim).

Ibnu Umar berkata, "Kami bertayamum bersama Rasulullah SAW. Kami memukulkan tangan kami pada debu yang suci, lalu mengibaskannya, lalu mengusapkannya pada wajah kami. Kemudian kami memukulkan tangan kami sekali lagi, lalu mengibaskannya, lalu mengusapkannya pada tangan kami dari siku sampai telapak tangan, pada tempat tumbuhnya bulu, baik bagian luar maupun bagian dalam,". (HR Hakim).

Abu Malik berkata, "Ammar bertayamum. Dia mengusap wajah dan kedua tangannya (sampai pergelangan), tanpa mengusap lengan," (HR Ibnu Jarir).

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement