Kamis 04 May 2023 04:05 WIB

Belajar dari Nabi Muhammad SAW Cara Menghadapi Masa Sulit

Masa sulit yang harus dihadapi setiap manusia ini belum tentu sesuatu yang buruk.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Belajar dari Nabi Muhammad SAW Cara Menghadapi Masa Sulit.
Foto:

2. Kesulitan terjadi karena kehendak Allah SWT

Sangat penting untuk mengetahui dan percaya bahwa tidak ada yang akan terjadi pada seseorang kecuali apa yang Allah tetapkan untuknya. Dalam QS At-Taubah ayat 51 disampaikan, "Katakanlah (Muhammad), “Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman.”

Rasulullah SAW mengajari salah satu sepupu mudanya, 'Abdullah Ibn 'Abbas, tentang takdir. Rasulullah SAW menyebut, "Ketahuilah, bahwa apa saja yang luput darimu, maka tidak akan pernah menimpamu. Dan apa yang menimpamu, maka tidak akan pernah luput darimu."

"Keyakinan ini memberi seseorang kenyamanan dan mencegah rasa takut dari kesulitan di masa depan. Namun, yang lebih penting adalah membantu seseorang dalam mengatasi kesulitan yang sedang dialami," ujar Hamza.

Allah SWT dalam QS At-Taghabun ayat 11 bersabda, "Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya."

3. Larilah kepada Allah

Dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Al Ta'if, ia memanjatkan doa, "Ya Allah, Aku mengadukan kepadamu lemahnya kekuatanku, dan sedikitnya daya upayaku pada pandangan manusia. Wahai yang Maha Pengasih, Engkaulah Tuhan orang-orang yang merasa lemah, dan Engkaulah Tuhanku."

Apa yang dilakukan oleh Rasulullah ini adalah salah satu contoh untuk selalu berlindung kepada Allah dan meminta bantuan dan dukungan-Nya. Hal ini merupakan tindakan yang sangat penting yang harus kita lakukan selama masa sulit.

Masa-masa sulit yang sedang dihadapi di dunia adalah cobaan dari Allah dan terjadi dengan izin-Nya. Karena itu, hanya atas izin dan kuasa-Nya lah apa yang dialami seseorang dapat diringankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement