Jumat 28 Apr 2023 08:31 WIB

Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

Nabi Muhammad melangsungkan pernikahan di bulan Syawal.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal
Foto: Pixabay
Ilustrasi. Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Syawal dalam kalender Hijriyah merupakan bulan yang spesial di hati umat Islam. Bahkan dalam sejarah, sejumlah peristiwa penting pun pernah terjadi di bulan ini, apa saja?

Muhammad Husain Haikal dalam buku Sejarah Hidup Muhammad menjelaskan bahwa salah satu peristiwa penting dalam Islam yang pernah terjadi di bulan Syawal adalah Perang Uhud.

Baca Juga

Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

1. Perang Uhud

Perang ini terjadi berdasarkan motif dendam kaum Quraisy akibat kekalahan dalam Perang Badar dari umat Islam. Perang Uhud terjadi pada tahun ketiga Hijriyah dan dimenangkan oleh kaum Quraisy.

Sebelumnya, umat Islam hampir memperoleh kemenangan namun di akhir harus menelan kekalahan lantaran terdapat segelintir pasukan umat Islam yang tidak acuh terhadap perintah Nabi. Perang yang terdiri dari 1.000 orang di kubu Islam dan 3.000 orang di pihak Quraisy ini cukup memilukan, sebab para pejuang Islam ternama banyak yang berguguran, salah satunya adalah paman Nabi, Hamzah bin Abdul Muthalib.

2. Pernikahan Nabi Muhammad SAW

Dalam sejumlah sirah Nabi disebutkan bahwa pada bulan Syawal, Rasulullah pernah melangsungkan pernikahan. Yakni pernikahan dengan Sayyidah Aisyah dan Sayyidah Ummu Salamah.

Dalam sebuah hadis, dari Sayyidah Aisyah, beliau berkata, "Tazawwajani Rasulullah fi Syawwali,". Yang artinya, "Rasulullah menikahiku di bulan Syawal,".

3. Lahir dan wafatnya Imam Bukhari

Imam Bukhari dikenal sebagai ulama hadits yang paling banyak meriwayatkan hadits-hadits shahih. Kontribusi Imam Bukhari terhadap khazanah keilmuan hadits banyak menginspirasi sejumlah ulama generasi penerusnyan

Hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tidak hanya berjumlah ratusan, namun jumlahnya mencapai ribuan, sebagaimana tertulis dalam salah satu karya masterpiece-nya yakni Shahih Bukhari.  

Pada bulan Syawal, Imam Bukhari lahir dan juga wafat. Beliau dilahirkan pada Jumat tanggal 13 bulan Syawal pada tahun 194 Hijriyah di kota Bukhara, yang kini menjadi wilayah Uzbekistan. Beliau wafat juga pada bulan Syawal, tepatnya malam 1 Syawal, kemudian dimakamkan pada hari raya tanggal 1 Syawal.

4. Perang Thaif

Perang Thaif terjadi pada bulan Syawal tahun 8 Hijriyah, setelah meletusnya Perang Hunain. Pada Perang Thaif, pasukan Islam mengejar sisa-sisa pasukan Quraisy yang melarikan diri dari perang Hunain yang bersembunyi di dalam benteng kota yang kukuh, sehingga umat Islam tidak dapat menembus benteng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement