Kamis 27 Apr 2023 12:21 WIB

10 Amalan Ibadah yang Mudah Dilanjutkan Seusai Ramadhan

Sedekah dianjurkan dilakukan setiap waktu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
10 Amalan Ibadah yang Mudah Dilanjutkan Usai Ramadhan
Foto:

5. Dzikir

Ibadah yang satu ini mudah dimasukkan ke dalam jadwal tersibuk sekalipun. Sebab dzikir hanya kata-kata dan frase sederhana memuji dan mengingat Allah.

Setiap pribadi bisa berzikir (mengingat Allah) bahkan saat mengemudi atau mencuci piring. Ada video YouTube yang tersedia untuk mempelajari lebih lanjut jika itu adalah sesuatu yang tidak biasa dilakukan.

6. Mohon ampun kepada Allah

Sebagaimana diketahui, tidak ada orang yang sempurna, tidak peduli seberapa besar usaha dan ikhtiar manusia. Semua manusia membuat kesalahan, entah itu besar atau kecil. Maka meskipun mencari pengampunan dari Allah selama Ramadhan, penting juga untuk menjaga ini setelah Ramadhan. Itu juga tidak perlu waktu lama, tetapi membutuhkan penyesalan, ketulusan, dan kerendahan hati.

7. Bersyukurlah

Seringkali, umat Islam mengingat berkah yang diterima begitu saja dan bertanya-tanya mengapa tidak menunjukkan lebih banyak rasa terima kasih untuk itu? Nah, momentum berlalunya Ramadhan adalah kesempatan untuk awal yang baru dan sikap yang lebih bersyukur. Allah memberi setiap hamba-Nya lebih dari yang kita sadari, bahkan ketika hidup tampaknya tidak berjalan dengan baik.

Maka umat Islam harus berusaha lebih banyak mengungkapkan rasa terima kasih. Plus, rasa syukur memiliki manfaat kesehatan mental dan bahkan fisik.

8. Berdoa untuk orang lain

Hal yang indah tentang tarawih adalah sering diakhiri dengan imam berdoa untuk ummat, sementara jamaah secara emosional mengatakan "amin" di belakangnya. Kita juga dapat melanjutkan amalan besar ini setelah Ramadhan, secara pribadi. Plus, jika kita berdoa untuk orang lain, para malaikat akan berdoa untuk kita.

9. Tersenyumlah!

Tersenyum lebih alami tidak hanya membuat kita merasa lebih baik, ada banyak keutamaan tersenyum yang ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW.

10. Puasa

Puasa tidak harus menjadi sesuatu yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan. Bagi yang mampu, puasa sunnah sangat bermanfaat. Kita dapat menjalankan puasa ini sepanjang berbagai waktu dalam setahun dan bahkan dalam setiap bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement