Kamis 27 Apr 2023 12:21 WIB

10 Amalan Ibadah yang Mudah Dilanjutkan Seusai Ramadhan

Sedekah dianjurkan dilakukan setiap waktu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
10 Amalan Ibadah yang Mudah Dilanjutkan Usai Ramadhan
Foto: Republika/Thoudy Badai
10 Amalan Ibadah yang Mudah Dilanjutkan Usai Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun, saat Ramadhan tiba, banyak dari umat Islam yang merasa bertekad berubah menjadi lebih baik dan menjadi Muslim yang lebih baik. Maka, ada amalan ibadah yang mudah dilanjutkan seusai Ramadhan berlalu.

Dilansir di About Islam, Kamis (27/4/2023), tetapi ketika bulan penuh berkah meninggalkan setiap umat Muslim, dapat dimungkinkan kebiasaan dan praktik baik yang dibangun selama Ramadhan bisa juga tertinggal. Untuk itu, kunci untuk membuat perubahan yang konsisten adalah memiliki tujuan yang kecil dan berkelanjutan, bukan tujuan yang besar dan tidak dapat dicapai.

Baca Juga

Bahkan, ini adalah konsep dalam agama Islam bahwa Allah menyukai amalan yang dilakukan secara terus-menerus, meskipun kecil. Berikut adalah 10 amalan ibadah sederhana yang bisa dengan mudah dilanjutkan setelah Ramadhan berlalu.

1. Sholat lima waktu sehari

 

Meski terdengar sangat mendasar, bagi banyak orang, sholat tepat waktu lima waktu sehari adalah sebuah perjuangan. Namun, ini adalah rukun Islam dan sesuatu yang harus dilakukan semua umat Islam.

Jadi, meskipun itu tantangan, kaum Muslimin harus melakukannya pada bulan Ramadhan dan sepanjang tahun sepanjang hidup. Beberapa orang mendapat manfaat dari memiliki sistem teman di mana mereka bertanggung jawab kepada teman dekat atau anggota keluarga. Ini mungkin membantu jika sholat lima waktu adalah sesuatu yang diperjuangkan.

2. Mengendalikan lidah

Poin ini perlu menjadi perhatian sebab surga dijamin bagi mereka yang menahan lidah dan kemaluannya. Artinya, tidak ada gosip atau menggunjing, membantah orang tua, berbohong, menggunakan kata-kata umpatan, dan sebagainya.

3. Memiliki hubungan dengan Alquran

Beberapa orang mampu membaca seluruh Alquran pada bulan Ramadhan, bahkan lebih dari itu. Ini luar biasa karena sangat bermanfaat dan Ramadhan adalah bulan membangun hubungan diri dengan Alquran.

Namun, menjaga hubungan itu bahkan setelah Ramadhan berakhir juga sangat penting. Ini bisa berbeda untuk setiap orang. Bagi sebagian orang, itu berarti terus melafalkan ayat-ayat besar setiap hari. Bagi yang lain, itu mungkin berarti membaca hanya lima ayat dan merenungkan maknanya.

4. Memberi sedekah

Banyak orang bersedekah paling banyak selama bulan Ramadhan karena pahalanya berlipat ganda. Namun, amal adalah sesuatu yang dianjurkan untuk diberikan sepanjang waktu, meskipun umat Islam tidak memiliki banyak untuk diberikan.

Bagi mereka yang mampu, sumbangan uang selalu dibutuhkan. Bagi yang lain, pelayanan sukarela atau tindakan baik sangat bermanfaat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement