Sabtu 22 Apr 2023 20:59 WIB

Buat Jomblo Ngebet Nikah, Catat, Nabi Muhammad Memperistri Aisyah pada Bulan Syawal

Nikah merupakan sunnah Nabi Muhammad.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi nikah
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi nikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Al-Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi atau yang dikenal dengan nama Imam Muslim dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW menikahi 'Aisyah pada bulan Syawal. Karena alasan itu, menurut salah satu perawi hadis dikatakan bahwa 'Aisyah suka menikahkan wanita di bulan Syawal.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَاللَّفْظُ لِزُهَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ أُمَيَّةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَوَّالٍ وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي قَالَ وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ تُدْخِلَ نِسَاءَهَا فِي شَوَّالٍ و حَدَّثَنَاه ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَلَمْ يَذْكُرْ فِعْلَ عَائِشَةَ

Baca Juga

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Zuhair bin Harb sedangkan lafazhnya dari Zuhair keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Waki' telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Isma'il bin Umayah dari Abdullah bin Urwah dari Urwah dari 'Aisyah Radiallahu anha.

'Aisyah berkata, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam menikahiku pada bulan Syawal, dan mulai berumah tangga bersamaku pada bulan Syawal, maka tidak ada di antara istri-istri Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam yang lebih mendapatkan keberuntungan daripadaku."

Perawi berkata, "Oleh karena itu 'Aisyah sangat senang menikahkan para wanita di bulan Syawal."

Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami ayahku telah menceritakan kepada kami Sufyan dengan isnad seperti ini, namun dia tidak menyebutkan perbuatan 'Aisyah. (HR Muslim)

Sebagaimana diketahui, Syawal adalah bulan kesepuluh dalam kalender Hijriyah dan Jawa. Pada tanggal 1 Syawal, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri sebagai perayaan setelah menjalani puasa pada bulan sebelumnya yakni bulan Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement