Pusat Astronomi Internasional Prediksi Idul Fitri 2023 Jatuh pada Sabtu

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 18 Apr 2023 07:46 WIB

Pusat Astronomi Internasional Prediksi Idul Fitri 2023 Jatuh pada Sabtu Foto: antara Pusat Astronomi Internasional Prediksi Idul Fitri 2023 Jatuh pada Sabtu

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pusat Astronomi Internasional (IAC) memprediksi Idul Fitri akan jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

Menurut IAC, tidak ada kemungkinan untuk melihat bulan sabit Syawal pada Kamis, 29 Ramadhan atau 20 April. Karenanya Idul Fitri bisa jatuh pada Sabtu.

Baca Juga

Badan astronomi yang berbasis di Abu Dhabi itu mengatakan dalam sebuah pernyataan di akun Twitter-nya, bahwa prediksinya didasarkan pada informasi astronomi. Tanggal pasti Idul Fitri hanya akan dikonfirmasi oleh otoritas terkait berdasarkan penampakan bulan baru.

Penampakan bulan sabit pada Kamis malam sangat sulit karena membutuhkan teleskop yang tepat, pengamat profesional, dan kondisi cuaca yang luar biasa. 

“Melihat bulan sabit pada Kamis depan tidak mungkin dengan mata telanjang dari mana saja di dunia Arab dan Islam. Melihat bulan sabit pada Kamis tidak mungkin dengan teleskop di sebagian besar negara Arab, dengan pengecualian bagian Afrika Barat mulai dari Libya, dan oleh karena itu Sabtu kemungkinan besar akan menjadi hari pertama Idul Fitri,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Penglihatan tetap sangat sulit dan membutuhkan teleskop yang akurat, pengamat profesional dan kondisi cuaca yang luar biasa. IAC mencatat bahwa kombinasi faktor-faktor ini jarang terjadi, dan oleh karena itu bulan sabit tidak diharapkan terlihat bahkan menggunakan teleskop dari mana saja di dunia Arab.

IAC menyatakan karena kemungkinan melihat bulan sabit dengan teleskop dari beberapa bagian dunia Islam pada Kamis, karena terjadinya konjugasi sebelum matahari terbenam, dan terbenamnya bulan setelah matahari terbenam di semua wilayah dunia Islam, diharapkan mayoritas negara di dunia Islam kemungkinan akan mengumumkan dimulainya bulan Syawal pada Jumat.

“Adapun negara-negara yang membutuhkan penampakan yang benar-benar nampak dengan mata telanjang atau penglihatan lokal yang benar dengan teleskop, mereka akan terus melakukan puasa hingga 30 hari, dan oleh karena itu Idul Fitri akan diadakan pada Sabtu untuk mereka,” kata IAC, dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (18/4/2023).

 

Terpopuler