Ahad 23 Apr 2023 08:45 WIB

Kisah Pria Tua yang Selamat dari Sergapan Dua Jin Anak Buah Nabi Sulaiman, Ini Sebabnya

Sedekah bisa menyelamatkan dari malapetaka yang mengintai seseorang

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Burung Merpati (ilustrasi).  Sedekah bisa menyelamatkan dari malapetaka yang mengintai seseorang
Foto:

Belum sampai tangannya meraih tangga, lelaki itu mendengar pintu rumahnya diketuk. Ternyata ada seorang pengemis tua yang mendatanginya untuk meminta makan. Pengemis itu tampak sangat kepayahan, tubuhnya kurus kering, dengan pakaian yang compang-camping dan kusam.

"Kami tidak punya apa-apa, maafkan," kata sang istri. Namun, lelaki itu teringat ada sekerat roti yang tersisa di dapur. Itulah makanan terakhir di dalam rumah ini. Ia pun memberikannya kepada si pengemis.

Wajah peminta-minta itu berubah cerah. Sambil terus mengucapkan terima kasih, pengemis itu pun pergi. "Jangan khawatir, kita masih bisa makan telur burung merpati yang akan kuambil dari sarangnya di atas pohon!" ujar sang suami sebelum sang istri mendebatnya.

Lelaki itu kemudian memanjat pohon besar di samping rumahnya. Ia segera mengambil beberapa telur di sarang yang ditinggalkan induk burung merpati. Dengan telur itu, ia dan keluarganya dapat makan untuk sehari.

Pulanglah sang ibu merpati ke sarangnya. Ia sangat kesal karena lelaki itu lagi-lagi mengambil telurnya. Perasaannya bercampur kecewa karena kedua jin yang ditugaskan Nabi Sulaiman ternyata tidak menjalankan perintah baginda.

Maka induk merpati itu kembali menghadap Nabi Sulaiman dan mengadukan kejadian tersebut kepadanya. Nabi Sulaiman bertambah marah. Kedua setan yang diberi tugas menjaga pohon itu dipanggilnya.

"Kalian berdua telah berkhianat!" seru Nabi Sulaiman. "Kami sama sekali tidak mengkhianatimu!" jawab para setan itu serempak.

"Kami berdua siang-malam selalu menjaga pohon itu dan sarang burung merpati ini," ujar salah satu jin itu. Namun, ketika lelaki itu akan memanjat pohon, datanglah seorang pengemis mengetuk pintu rumahnya. Lelaki itu memberikan sekerat roti kepada pengemis tersebut.

"Begitu ia memanjat pohon, kami berdua hendak menahannya. Tiba-tiba dua malaikat datang kepada kami. Yang satu melemparku ke arah terbitnya matahari dan meninjuku terus menerus hingga aku tak berdaya. Yang lainnya melemparkan kawanku ini ke arah tenggelamnya matahari dan membuatnya tidak berdaya," kata si setan menjelaskan.

 

Nabi Sulaiman pun menyadari bahwa kedua jin itu tidak bermaksud ingkar terhadap perintahnya. Mereka hanya tidak mampu karena malaikat terlebih dahulu mencegah keduanya. Sedekah telah menyelamatkan orang tua tersebut dari sergapan jin yang diutus Nabi Sulaiman.  

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement