Sabtu 15 Apr 2023 07:41 WIB

Walkot Bandung Yana Mulyana Ditangkap KPK, Kader Gerindra yang Kembali Ingin Maju Pilwakot

Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditangkap dengan sejumlah pihak

Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditangkap dengan sejumlah pihak
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditangkap dengan sejumlah pihak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan sejumlah pihak terjaring dalam operasi tangkap Tangan (OTT) Komisi Pembarantasan Korupsi pada Jumat (14/4/2023).  

Yana dan sejumlah pihak ditangkap diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap pengadaan barang dan jasa di Kota Bandung. Siapakah Yana Mulyana? 

Baca Juga

Yana Mulyana resmi menjabat Wali Kota Bandung seusai dilantik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (18/4/2022). Yana sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Bandung mendampingi Wali Kota Bandung, Oded M Danial. 

Pada Jumat (10/12/2021, Oded meninggal saat shalat Jumat. Sejak saat itu, Yana Mulyana pun ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt).   

Pasangan Oded-Yana diusung oleh Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang (PBB) pada Pilwakot 2018 dengan memperoleh 634.682 suara, mengalahkan pasangan Yossi Irianto-Aries  Supriatna berada di posisi kedua disusul oleh Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat.

Mengutip rilis Humas Pemkot Bandung, Yana lahir di Kota Bandung, pada 17 Februari 1965. Ia merupakan putra dari Alm Letjen TNI (Purn) H Soepardjo bin Redjoprawiro. 

Selain tersohor di dunia politik sebagai kader Partai Gerindra, Yana merupakan seorang pengusaha properti dan usaha produktif lainnya. Namanya tercatat sebagai pendiri stasiun radio Rase FM. 

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Aktivitasnya di organisasi juga cukup moncer. Dia pernah pernah menjabat sebagai Bendahara KNPI Jabar, Wakil Ketua HIPMI Jabar, Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar. Tak hanya itu, Yana juga pernah menjadi Ketua Taekwondo Jawa Barat, Ketua PSSI Kota Bandung.

Nama Yana Mulyana kembali mencuat dalam bursa Pilwakot Bandung 2024 mendatang. Survei Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) pada Senin Desembar 2022 lalu mengungkapkan, elektabilitas atau keterpilihan Wali Kota Bandung Yana Mulyana tinggi.

Jika Pilwakot digelar ketika itu, maka yang dipilih yaitu petahana Yana Mulyana dengan angka 28,5 persen dan di urutan ke dua Atalia Praratya dengan angka 25,6 persen. Pada urutan ketiga terdapat Nurul Arifin, keempat Raffi Ahmad, dan kelima M Farhan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement