Selasa 11 Apr 2023 09:40 WIB

Sebanyak 70 Ribu Malaikat akan Menyeret-nyeret Orang-Orang Kafir ke Neraka 

Allah SWT menyiapkan neraka bagi orang-orang kafir

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Neraka. Allah SWT menyiapkan neraka bagi orang-orang kafir
Foto: Pixabay
Ilustrasi Neraka. Allah SWT menyiapkan neraka bagi orang-orang kafir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Banyak hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang berbagai siksaan yang akan dialami orang-orang kafir  di neraka. Dan di antaranya dapat ditemukan pada Sunan Imam Tirmidzi.  

Dalam hadits yang diriwayatkan melalui jalur Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu dijelaskan tentang siksaan yang akan diterima oleh orang-orang yang menentang Allah SWT ketika hidup di dunia. 

Baca Juga

Mereka akan ditarik dengan tali dari neraka oleh 70 ribu malaikat. Para malaikat itu menyeret-nyeret orang itu hingga masuk ke neraka. 

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ خَالِدٍ الْكَاهِلِيِّ عَنْ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُؤْتَى بِجَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لَهَا سَبْعُونَ أَلْفَ زِمَامٍ مَعَ كُلِّ زِمَامٍ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ يَجُرُّونَهَا قَالَ عَبْدُ اللَّهِ وَالثَّوْرِيُّ لَا يَرْفَعُهُ حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عَمْرٍو أَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيُّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ خَالِدٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ نَحْوَهُ وَلَمْ يَرْفَعْهُ

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abdurrahman telah bercerita kepada kami Umar bin Hafs bin Ghiyats telah mengabarkan kepada kami bapakku dari al-Ala' bin Khalid al-Kahili dari Syaqiq bin Salamah dari Abdullah bin Mas'ud berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Pada hari itu, neraka jahanam di datangkan, ia memiliki tujuh puluh ribu tali, pada tiap tali ada tujuh puluh ribu malaikat menyeretnya." 

Baca juga": Yang Terjadi Terhadap Tentara Salib Saat Shalahuddin Taklukkan Yerusalem

Abdullah berkata, “”Ats-Tsauri tidak menyambungkannya sampai kepada Nabi. Telah menceritakan kepada kami Abdu bin Humaid telah bercerita kepada kami Abdul Malik bin Amru dan Abu Amir al-Aqadi dari Sufyan dari al-Ala' bin Khlid dengan sanad ini sepertinya namun tidak memarfu'kannya. (HR Tirmidzi) 

Sementara itu, orang-orang kafir tersebut akan kekal kelak di neraka. Kekalnya orang kafir di neraka diketahui berdasarkan Alquran dan sunnah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat At Taubah ayat 68:

وَعَدَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ هِيَ حَسْبُهُمْ ۚ وَلَعَنَهُمُ اللَّهُ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيممٌ

“Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.”     

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement