Ahad 09 Apr 2023 22:26 WIB

Doa Agar Dimasukkan Surga yang Juga Dibaca Malaikat untuk Orang Beriman 

Malaikat juga mendoakan orang beriman agar dimasukkan surga

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Surga. Malaikat juga mendoakan orang beriman agar dimasukkan surga
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Malaikat juga mendoakan orang beriman agar dimasukkan surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebesar apapun dosa yang pernah dilakukan janganlah berputus asa dari rahmat dan ampunan Allah SWT. 

Sebab rahmat dan maghfirah Allah SWT begitu luas bagi hamba-Nya. Berdoalah agar Allah SWT mencurahkan rahmat dan ampunannya serta menggolongkan diri kita sebagai orang-orang ahli penghuni surga dan dijauhkan dari azab neraka. 

Baca Juga

Di antara doa agar Allah SWT menurunkan rahmat dan ampunan-Nya terdapat pada Alquran surat Ghafir ayat 7-8. Berikut doanya: 

رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَابُوْا وَاتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ . رَبَّنَا وَاَدْخِلْهُمْ جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدْتَّهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ اٰبَاۤىِٕهِمْ وَاَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيّٰتِهِمْ ۗاِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُۙ

Rabbanaa wa si'ta kulla syaiirohmataw wa'ilman faaghfir lilladziyna taabhu wattaba'uu sabiylaka wa qihim 'adzaabal jahiymi. Robbana wa adkhilhum jannati 'adni al latiy wa 'adtahum wa min sholiha min aabaaaihim wa azwaajihim wa dzuriyyatihim, innaka antal 'azizul hakiym.  

“Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala. Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka, dan orang yang saleh di antara nenek moyang mereka, istri-istri, dan keturunan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”  

Doa ini adalah doa yang juga dipanjatkan para malaikat pemikul Arasy untuk orang-orang mukmin. Doa-doa tersebut antara lain menggambarkan bahwa ilmu Tuhan meliputi segala sesuatu. 

Rahmat Allah SWT meliputi pengampunan dosa-dosa dan kesalahan mereka dan ilmu Tuhan meliputi perbuatan, ucapan, dan gerak mereka. 

Mudah bagi Allah SWT mengampuni dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan karena rahmat-Nya lebih luas dan lebih besar dari dosa-dosa dan kesalahan. 

Tiada suatu perbuatan sekalipun di tempat yang gelap, tiada suatu kata atau ucapan, sekalipun kata hati atau bisikan sukma, tiada suatu tindak-tanduk atau gerak-gerik kecuali diketahui Allah SWT. 

Selain itu doa tersebut memintakan ampun kepada Allah SWT bagi orang-orang yang bertobat, menghentikan perbuatan dosa yang telah dilakukan, mengikuti apa yang diperintahkan kepada mereka, mengamalkan yang baik, dan meninggalkan hal-hal yang mungkar.  

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Para malaikat pun memohon agar orang-orang mukmin itu dilindungi dari siksa neraka Jahanam sesuai dengan janji Allah SWT. 

Para malaikat memohon agar orang-orang mukmin dimasukkan ke dalam surga ‘Adn yang telah dijanjikan Allah SWT melalui ucapan rasul-Nya. 

Para malaikat juga memohon agar bersama mereka itu dimasukkan juga orang-orang saleh di antara bapak-bapak, istri-istri, dan keturunan mereka semua, supaya mereka merasa senang karena berkumpul dengan keluarga di tempat yang dapat memberi kegembiraan dan kesenangan, menimbulkan rasa riang dan suka yang amat berkesan.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement