Rabu 05 Apr 2023 09:39 WIB

Keindahan Bangunan-Bangunan Surga

Surga untuk orang bertakwa. Neraka untuk mereka yang mengingkari Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surga telah disiapkan Allah SWT bagi orang-orang yang beriman dan  taat terhadap perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Di surga terdapat bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi para penghuninya.

Namun, bangunan-bangunan di surga berbeda dengan bangunan-bangunan di alam dunia. Bahkan, sebagus-bagus dan semegah-megahnya bangunan di dunia, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan keindahan, kemewahan, dan kemegahan bangunan-bangunan di surga. 

Baca Juga

Bangunan-bangunan di surga terbuat dari bata-bata emas dan perak. Perekatnya dari minyak kasturi yang wanginya begitu harum. Tanah di surga pun adalah tanah mutiara dan permata dan debu-debu di surga adalah za'faran. Maka itu, seseorang yang telah memasuki surga dia akan memperoleh berbagai kesenangan dan kebahagiaan, dan dia hidup abadi selama-lamanya. 

Sebagaimana petikan hadits yang diriwayatkan melalui jalur Abu Hurairah atau Abdurrahman bin Shakhr.

قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ مِمَّ خُلِقَ الْخَلْقُ قَالَ مِنْ الْمَاءِ قُلْنَا الْجَنَّةُ مَا بِنَاؤُهَا قَالَ لَبِنَةٌ مِنْ فِضَّةٍ وَلَبِنَةٌ مِنْ ذَهَبٍ وَمِلَاطُهَا الْمِسْكُ الْأَذْفَرُ وَحَصْبَاؤُهَا اللُّؤْلُؤُ وَالْيَاقُوتُ وَتُرْبَتُهَا الزَّعْفَرَانُ مَنْ دَخَلَهَا يَنْعَمُ لَا يَبْأَسُ وَيَخْلُدُ لَا يَمُوتُ لَا تَبْلَى ثِيَابُهُمْ وَلَا يَفْنَى شَبَابُهُمْ

Berkata Abu Hurairah: Aku berkata, Wahai Rasulullah, dari apa makhluk diciptakan? Rasulullah ﷺ menjawab, "Dari air." Kami bertanya: Surga, apa bangunanya? Beliau menjawab: Bata dari perak dan bata dari emas, semennya minyak kasturi yang harum, tanahnya mutiara dan permata, debunya za'faran, barang siapa memasukinya, ia bersenang-senang dengan tidak jemu, kekal, tidak mati, baju mereka tidak usang, kemudian mereka tidak lenyap." (HR Tirmidzi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement