Ahad 02 Apr 2023 22:08 WIB

Kisah Sedekah untuk Pencuri, Pelacur, dan Orang Kaya yang Diterima Allah SWT

Berdoa untuk penerima sedekah diperbolehkan dalam Islam

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Sedekah (ilustrasi). Berdoa untuk penerima sedekah diperbolehkan dalam Islam
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Sedekah (ilustrasi). Berdoa untuk penerima sedekah diperbolehkan dalam Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sedekah, sebagaimana yang dipahami banyak orang, biasanya diberikan kepada orang miskin dan orang-orang yang pantas menerimanya. 

Namun bagaimana jika sedekah itu diberikan kepada orang kaya, pelacur, dan pencuri? Kisah ini pernah disebutkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW menceritakan tentang seseorang yang bersedekah kepada orang-orang yang mungkin membuat kita terheran-heran saat mengetahuinya. 

Nabi Muhammad SAW, dalam kitab Shahih Muslim dari Abu Hurairah RA, menceritakan begini:

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: قال رجل لأَتَصَدَّقَنَّ بصدقة، فخرج بصدقته فوضعها في يد سارق، فأصبحوا يتحدثون: تُصُدِّقَ على سارق! فقال: اللهم لك الحمد لأَتَصَدَّقَنَّ بصدقة، فخرج بصدقته فوضعها في يد زانية؛ فأصبحوا يتحدثون: تُصُدِّقَ الليلة على زانية! فقال: اللهم لك الحمد على زانية! لأَتَصَدَّقَنَّ بصدقة، فخرج بصدقته فوضعها في يد غني، فأصبحوا يتحدثون: تُصُدِّقَ على غني؟ فقال: اللهم لك الحمد على سارق وعلى زانية وعلى غني! فأتي فقيل له: أما صدقتك على سارق فلعله أن يَسْتَعِفَّ عن سرقته، وأما الزانية فلعلها تَسْتَعِفُّ عن زناها، وأما الغني فلعله أن يَعْتَبِرَ فيُنْفِقَ مما أعطاه الله

Ada seorang lelaki yang berkata bahwa dirinya ingin bersedekah pada malam ini. Lalu dia pun keluar membawa sedekahnya kepada seorang perempuan pelacur. Esok paginya, banyak orang yang membicarakan bahwa ada pelacur yang diberi sedekah oleh seseorang. 

Lelaki itu pun berujar, "Ya Allah, segala puji bagi-Mu, yang telah mentakdirkan sedekahku jatuh kepada pelacur. Aku akan bersedekah lagi. 

Lelaki tersebut kemudian membawa sedekahnya dan memberikannya kepada orang kaya. Esok paginya, lagi-lagi, banyak orang yang membicarakannya, bahwa tadi malam ada seseorang yang memberi sedekah kepada orang kaya. 

Baca juga: Ottoman Bantu Irlandia Negeri Non-Muslim yang Dilanda Kelaparan dan Begini Balas Budinya

Orang yang bersedekah itu berkata, "Ya Allah, untuk-Mu lah segala puji, karena Engkau telah menjadikan sedekahku jatuh ke orang kaya. Aku akan bersedekah lagi." 

Dia pergi lagi membawa sedekah lalu memberi sedekah tersebut kepada seorang pencuri. Esok paginya, orang-orang pun kembali membicarakannya, bahwa tadi malam ada orang yang bersedekah kepada pencuri. 

Orang yang bersedekah itu berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah mentakdirkan sedekahku jatuh kepada pelacur, orang kaya dan pencuri."

Kemudian lelaki tersebut didatangi malaikat seraya berkata, "Sedekah engkau sudah diterima baik oleh masing-masing orang yang engkau beri sedekah. Adapun perempuan lacur, semoga dia berhenti dari perbuatan melacurnya. Untuk orang kaya, semoga dia sadar dan ikut bersedekah juga. Untuk pencuri, semoga dia berhenti mencuri."

Hadits tersebut menunjukkan bahwa sedekah adalah amalan yang cakupannya luas dan tidak terbatas pada fakir miskin. 

Seorang Muslim boleh dengan sedekahnya meniatkan agar orang yang menerima sedekah tersebut dijauhkan dari perbuatan dosa dan mengalami perubahan dari seorang pendosa menjadi orang yang senantiasa melakukan amal saleh.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement