Jumat 31 Mar 2023 10:22 WIB

Banjir Bandang Terjadi di Kertasari Bandung, 8 Unit Rumah Terdampak

Bencana banjir di Desa Santosa dan Desa Pangalengan akibat curah hujan tinggi.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Warga membersihkan perabotan rumah tangga yang terkena lumpur pascabanjir bandang di Kertasari, Kabupaten Bandung.
Foto: Antara/Novrian Arbi
Warga membersihkan perabotan rumah tangga yang terkena lumpur pascabanjir bandang di Kertasari, Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Hujan deras yang terjadi di wilayah Kertasari dan Pangalengan, Kabupaten Bandung menyebabkan banjir di Desa Santosa dan Desa Pangalengan, Kamis (30/3/2023) sore. Sebanyak delapan unit rumah terdampak dengan total jiwa 51 orang.

"Bencana banjir di Desa Santosa, Kecamatan Kertasari dan Desa Pangalengan, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Kamis kemarin. Penyebab hujan intensitas tinggi," ujar Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat dikonfirmasi, Jumat (31/3/2023).

Dia mengatakan, delapan unit rumah dan satu unit kolam terdampak. Korban yang terdampak sebanyak 51 jiwa dan terancam 20 jiwa serta tiga orang terpaksa mengungsi.

Dikatakannya, BPBD Provinsi Jabar telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung. Selain itu, kepala desa beserta jajaran dan dibantu warga siaga mengantisipasi banjir susulan.

Hadi menambahkan, petugas BPBD masih terus melakukan pendataan terkait korban yang terkena dampak. Sepanjang tahun 2022 lalu, dia menyebutkan, terdapat lima peristiwa longsor di wilayah Kertasari, Kabupaten Bandung.

"Masih dilakukan assessment lebih lanjut dan dilakukan pembersihan oleh masyarakat," katanya.

Prakirawan BMKG Yan Permadi mengatakan, saat ini masih berada di musim hujan dan memasuki April musim pancaroba. Sedangkan Mei sudah memasuki musim kemarau.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement