Selasa 28 Mar 2023 14:38 WIB

Cara Allah Berinteraksi dengan Makhluk dalam Syajaratul Ma'arif

Allah sesuai yang disangka hamba. Begitu jelas al Izz dalam Syajaratul Ma'arif.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Shalat, cara hamba berinteraksi dengan Allah.
Foto: Antara/Syaiful Arif
Shalat, cara hamba berinteraksi dengan Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Al-Izz bin Abdus Salam dalam kitab Syajaratul Ma'arif menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah SWT berinteraksi dengan hamba-hamba-Nya, sebagaimana hamba-hamba-Nya berinteraksi dengan Allah SWT.

Sebagai contoh cara Allah SWT berinteraksi dengan hamba-hamba-Nya. Allah SWT akan malu kepada orang yang malu kepada-Nya. Allah SWT juga akan berpaling dari orang-orang yang berpaling dari-Nya.

Baca Juga

قَالَ يٰمُوْسٰٓى اِنِّى اصْطَفَيْتُكَ عَلَى النَّاسِ بِرِسٰلٰتِيْ وَبِكَلَامِيْ ۖفَخُذْ مَآ اٰتَيْتُكَ وَكُنْ مِّنَ الشّٰكِرِيْنَ

Allah berfirman, "Wahai Musa, sesungguhnya Aku memilih (melebihkan) engkau dari manusia (yang lain) untuk membawa risalah dan berbicara (langsung) dengan-Ku. Maka, berpegang teguhlah pada apa yang Aku berikan kepadamu dan jadilah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur." (QS Al-A'raf: 144)

 

وَلَوْ أَنَّهُمْ رَضُوا۟ مَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥ وَقَالُوا۟ حَسْبُنَا ٱللَّهُ سَيُؤْتِينَا ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ وَرَسُولُهُۥٓ إِنَّآ إِلَى ٱللَّهِ رَٰغِبُونَ

Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata: "Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah," (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka). (QS At-Taubah: 59)

وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰٓ

Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas. (QS Ad-Dhuha: 5)

Al-Izz bin Abdus Salam ulama terkemuka yang lahir tahun 577 Hijriyah dalam bukunya menjelaskan, siapa yang ridha dengan apa yang Allah SWT bagikan, maka pasti dia bersyukur. Allah SWT akan menambah kebahagiaan orang yang bersyukur.

Siapa yang benci dengan apa yang Allah SWT bagikan, itu akan mendatangkan kemurkaan dari Allah SWT.  

Sesungguhnya, Allah SWT berinteraksi dengan hamba-hamba-Nya sebagaimana hamba-hamba-Nya berinteraksi dengan-Nya.

Allah SWT ridha kepada orang yang ridha, siapapun yang benci terhadap Allah SWT maka Allah SWT juga benci kepadanya.

Allah SWT malu kepada orang yang malu kepada-Nya. Allah SWT akan berpaling dari orang-orang yang berpaling dari-Nya.

Allah SWT juga memberi perlindungan kepada orang-orang yang berlindung kepada-Nya. Allah SWT juga akan menghadapkan wajah-Nya kepada orang yang senantiasa menghadap-Nya. Allah SWT akan berlari kepada orang yang berlari kepada-Nya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement