Selasa 28 Mar 2023 08:00 WIB

Amaliyah Sistem Tubuh Tingkatkan Takwa

Kualitas takwa meningkat dengan amaliyah sistem tubuh.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Amaliyah Sistem Tubuh Tingkatkan Takwa. Foto:   Taqwa / takwa (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Amaliyah Sistem Tubuh Tingkatkan Takwa. Foto: Taqwa / takwa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mitra Seni Indonesia (MSI) kembali menyelenggarakan Webinar Ramadhan 2023 dengan tema Adanya Ramadhan Bagi Umat-Nya, Senin (27/3/2023).

Seorang narasumber Praktisi neuroparenting skill Dr Aisah Dahlan dalam paparannya menjelaskan Tarbiyah dan Amaliyah Ramadhan membuat sistem tubuh manusia meningkat kualitas ketaqwaannya.

Baca Juga

Dr Aisah Dahlan dengan gerakan sholat maka otot-otot yang tegang akan rileks, dan pembuluh syaraf yang jalan di tubuh tidak terhimpit, sehingga pesan Istighfar jalan dengan lancar sampai tulang ekor.

"Saat berdusta, berkata kotor, berkelahi, durhaka, menzalimi, membunuh ternyata dikeluarkan neurotransmitter sangat banyak dari daerah limbik yaitu daerah yang mengatur emosi ke daerah prefrontal di bawah ubun-ubun,"ujar dia.

 

Dr Aisah Dahlan menjelaskan dalam Al Quraan surat Al-Alaq ayat 14-16

أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَىٰ.

كَلَّا لَئِنْ لَمْ يَنْتَهِ لَنَسْفَعًا بِالنَّاصِيَةِ.نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ

Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat (segala perbuatannya)? Sekali-kali tidak! Sungguh, jika dia tidak berhenti (berbuat demikian), niscaya Kami tarik ubun-ubunnya (ke dalam neraka), (yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan (kebenaran) dan durhaka.

Menurut Dr Aisah ketika kita sholat dengan posisi sujud, darah banyak mengalir di daerah Pre Frontal Cortex, dan Lobus Parietalis serta Ubun-ubun. Darah yang mengalir memberikan nutrisi , mineral dan vitamin di lokasi ilmu pengetahuan dan bakat juga watak. Namun darah yang mengalir membersihkan lokasi tempat khilaf dan dusta.

Dr.Othman Al Djilani Profesor bidang Histology dan Pathology Sana’s University Yaman melakukan pembuktian, mereka membakar tulang ekor dengan suhu tinggi selama 10 menit hingga warnanya berubah menjadi hitam pekat. Kemudian mereka membawa tulang tersebut ke Al Olaki Laboratory di Sanaa, Yaman untuk dianalisis. Hasil laboratorium menunjukkan sel-sel pada jaringan tulang tidak terpengaruh oleh pembakaran suhu tinggi. Penelitian itu dilakukan untuk mencari tahu kebenaran tetang Sabda Rasululah SAW.

Sementara itu, Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani mengatakan, sudah menjadi tradisi bagi Mitra Seni Indonesia untuk melakukan bakti sosial dalam bulan Ramadhan memberikan santunan kepada panti asuhan, anak yatim piatu, kaum duafa. Lebih lanjut Ketua Umum MSI Sari Ramdani juga berharap agar tradisi mulia ini dapat terus dilaksanakan.

Dalam bulan Ramadhan ini Mitra Seni Indonesia juga akan menyelenggarakan acara Bincang Bincang dengan topik Hidup Sehat dengan Nutrisi Seimbang menampilkan nara sumber Dr Putri Adimurti M Kes.M Farm pada tanggal 10 April mendatang.

photo
Infografis Ciri Orang Bertaqwa - (Dok Republika)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement