Senin 27 Mar 2023 23:07 WIB

Dzikir yang Dianjurkan Dibaca Jelang Buka Puasa, Ini Bacaan dan Makna Kandungannya

Dzikir jelang buka puasa membantu memaksimalkan puada Ramadhan

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Umat muslim menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Al Lathiif, Jalan Saninten, Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/3/2023). Selama Bulan Suci Ramadhan, DKM Al Lathiif menyediakan 400-500 paket takjil per hari berupa makanan dan minuman bagi warga yang akan berbuka puasa di Masjid Al Lathiif.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat muslim menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Al Lathiif, Jalan Saninten, Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/3/2023). Selama Bulan Suci Ramadhan, DKM Al Lathiif menyediakan 400-500 paket takjil per hari berupa makanan dan minuman bagi warga yang akan berbuka puasa di Masjid Al Lathiif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah menjalani ibadah puasa seharian penuh, umat Islam akan menutupnya dengan berbuka puasa di waktu Maghrib. Namun, menjelang waktu berbuka puasa, ada beberapa amalan atau dzikir yang dianjurkan untuk dibaca umat Islam.

Kata dzikir sendiri jika ditelaah dari segi bahasa (lughatan) adalah bermakna mengingat. Dzikir ditinjau dari istilah adalah membasahi lidah dengan ucapan-ucapan pujian kepada Allah.

Baca Juga

Sedangkan secara etimologi dzikir berasal dari kata “dzakara” berarti menyebut, menyucikan, menggabungkan, menjaga, mengerti, mempelajari, memberi, dan nasihat.

Oleh karena itu, dzikir berarti mensucikan dan mengagungkan, juga dapat diartikan menyebut dan mengucapkan nama Allah atau menjaga dalam ingatan (mengingat).

Dengan memahami makna dzikir, maka dapat dipahami bahwa dzikir ini sebenarnya termasuk salah satu amalan ibadah yang begitu mudah dilakukan. Walaupun, tidak semua umat Islam memiliki kesadaran untuk mengamalkannya.

Nah, berikut ini beberapa doa dan dzikir menjelang berbuka puasa yang dapat diamalkan umat Islam:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ، نَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ، اَللّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا، يَا كَرِيْمُ. ×٣

Asyhadu alla ilaha illallah astaghfirullah, nasalukal jannata wa naudzubika minannar, Allhumma innaka Afuquun Tuhibbul afwa fa’fu anna ya karim 3 x

"Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah SWT, aku meminta ampunan Allah, aku meninta kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari api neraka, Ya Allah sesungguhnya Engkau Pemaaf dan menyukai permintaan maaf, maka ampunilah kami wahai yang Mahamulia 3X"  

لآ إِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ ×٣

Lailaha illallahul halimul karim, subhanallah rabbusamawatis sab’u wa Rabbul ‘Arsyil adhimi 3 x

“Tidak ada tuhan selain Allah yang Mahabijaksana dan Mahamulia, Mahasuci Allah, Tuhan langit tujuh dan Tuhan Arsy yang agung 3x 

جَزَى الله سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَنَّا خَيْرًا Jazallahu ‘Anna Sayyidana Muhammadan ‘anna khairan

“Allah membalas Baginda Muhammad atas kita kebaikan.”  

يَاتَوَّابُ تُبْ عَلَيْنَا وَارْحَمْنَا وَانْظُرْ إِلَيْنَا Ya Tawwab tub ‘alaina warhamna wandhur ilaina

“Wahai Mahapengampun ampunilah kami dan sayangilah kami, dan lihatlah kami.” 

َياتَوَّابُ تُبْ عَلَيْنَا وَسَمِحْنَا فِيْمَا جَنَيْنَا Ya Tawwab tub ‘alaina wa samihna fima janaina

“Ya Allah Mahapengampuan ampunilah kami dan maafkan kami atas kegilaan kami.” 

َياتَوَّابُ تُبْ عَلَيْنَا وَاغْفِرْلَناَ وَلِوَالِدِيْنَا Ya Tawwab tub ‘alaina waghfirna liwa lidina.” 

Wahai Mahapengampun ampunilah kami dan ampunilah kami dan kedua orang tua kami.”  

Baca juga: Perang Mahadahsyat akan Terjadi Jelang Turunnya Nabi Isa Pertanda Kiamat Besar?

يَا عَظِيْمُ يَا عَظِيْمُ أَنْتَ إِلَهِىْ لآ إِلهَ غَيْرُكَ، اِغْفِرْ لِيَ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ إِلاَّ الْعَظِيْمُ

Ya adhim ya adhim Anta Ilahi la ilaha ghairuka, ighfirli ad-dzanbal adhimi fa innahu la yaghfirudz dzunubal adhimi illal adhim

“Waha yang Mahagung, wahai yang Mahagungm Engkau Tuhanku tidak ada tuhan selain Engkau, ampunilah dosaku yang besar, karena sesunggunya tidak ada yang mengampuna dosa yang besar kecuali Dzat yang Mahagung.” 

Dengan membaca dzikir menjelang buka puasa ini, umat Islam akan mendapatkan berbagai keutamaan yang terkandung di dalamnya. Di antaranya, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya, hati merasa tenang, dan dijauhkan dari godaan setan.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement