Rabu 22 Mar 2023 00:15 WIB

Imam Al Ghazali: Panjang Angan Penyakit Ganas Pembawa Empat Dosa

Panjang angan itu penghalang bagi setiap kebaikan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak membaca Alquran. Imam Al Ghazali: Panjang Angan Penyakit Ganas Pembawa Empat Dosa
Foto:

Keempat, jika kamu panjang angan, akan menyebabkan hati menjadi keras dan lupa kepada akhirat. Sebab jika kamu mengangankan hidup yang lama, maka kamu tidak ingat kepada kematian dan kehidupan di alam kubur.

Sebagaimana dikatakan oleh Ali Bin Abi Thalib, "Sesungguhnya yang paling aku takuti terhadap kalian itu ada dua, yaitu panjang angan dan mengikuti kehendak nafsu. Ketahuilah bahwa panjang angan itu menyebabkan lupa kepada akhirat, sedangkan mengikuti hawa nafsu itu menghalangi kita dari melihat kebenaran."

Jika seorang hamba menjadi korban dari panjang angan, maka pikiran dan perhatiannya hanya akan terfokus pada kenikmatan dunia semata. Dia semakin banyak bergaul dengan orang lain, hingga berakibat hatinya menjadi keras.

Sungguh kelembutan dan kebeningan hati itu disebabkan oleh mengingat kematian dan kehidupan alam kubur, pahala dan siksa, serta berbagai kondisi akhirat. Jika halal tersebut tidak ada pada dirimu, mana mungkin hatimu dapat lembut dan jernih.

Hal ini dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin yang diterjemahkan Abu Hamas As-Sasaky dan diterbitkan Khatulistiwa Press 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement