Rabu 22 Mar 2023 00:15 WIB

Imam Al Ghazali: Panjang Angan Penyakit Ganas Pembawa Empat Dosa

Panjang angan itu penghalang bagi setiap kebaikan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak membaca Alquran. Imam Al Ghazali: Panjang Angan Penyakit Ganas Pembawa Empat Dosa
Foto:

Sementara dia lupa ajalnya akan tiba pada saat yang tidak ia duga. Sehingga ia meninggal dunia sebelum sempat bertobat kepadanya.

Ketiga, jika kamu panjang angan, kamu akan lebih bersemangat mencari kekayaan dan harta dunia daripada berbuat untuk akhiratnya. Dia akan mengatakan, "Aku takut miskin di masa tuaku, disaat aku sudah tak sanggup lagi berusaha. Maka aku harus mendapatkan harta banyak sekarang yang dapat aku simpan untuk berjaga-jaga kalau aku sakit, tua atau jatuh fakir." Sikap semacam ini menggerakkan hati kita cenderung kepada dunia dan terlalu berambisi terhadapnya.

Dalam soal rezeki, mereka yang panjang angan akan sering berkata, "Apa yang aku makan nanti? Apa yang aku minum nanti? Pakaian apa yang akan aku pakai? Bagaimana menghadapi musim dingin ini? Bagaimana menghadapi musim panas ini? Padahal aku belum memiliki apa-apa.

Barangkali umurku panjang, maka aku harus mengumpulkan harta banyak-banyak dari sekarang. Sebab di masa tua nanti saya bakal sangat membutuhkannya dan aku tidak perlu bergantung kepada orang lain."

Itu semua bakal mendorong kamu untuk makin mencintai dunia dan mengumpulkan kekayaan darinya. Sehingga kamu akan menyia-nyiakan umur dan waktumu tanpa manfaat apapun bagi kepentingan abadi di akhirat nanti.

Sahabat Abu Dzar Al-Ghiffari Radhiyallahu Anha mengungkapkan, "Sesungguhnya angan-anganku melampaui batas ajalku."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement