Pakistan Perkirakan Ramadhan 2023 Dimulai 23 Maret

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 14 Mar 2023 13:53 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Pakistan Perkirakan Ramadhan 2023 Dimulai 23 Maret Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Pakistan Perkirakan Ramadhan 2023 Dimulai 23 Maret

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI -- Pakistan saat ini tengah mempersiapkan diri untuk perayaan dan ibadah selama bulan suci Ramadhan. Hari pertama bulan suci ini diperkirakan akan terjadi pada 23 Maret.

Kepala Ahli Meteorologi Sardar Sarfaraz mengatakan kemungkinan besar bulan suci Ramadhan jatuh pada 23 Maret. Karena itu, puasa pertama kemungkinan besar akan dilakukan pada Kamis.

Baca Juga

Sarfaraz menekankan, kondisi langit harus tetap cerah agar bulan mudah terlihat. Namun demikian, Departemen Meteorologi Pakistan (PMD) mengatakan curah hujan diperkirakan akan dimulai sejak awal bulan suci Ramadhan.

Menurut departemen meteorologi, Pakistan kemungkinan akan mengalami hujan di hari-hari terakhir bulan Maret. Namun, minggu kedua dan ketiga Ramadhan diperkirakan akan tetap relatif panas.

Dilansir di Geo.tv, Selasa (14/3/2023), Kerajaan Arab Saudi juga memprediksi hari pertama Ramadan jatuh pada 23 Maret. Menurut laporan dari media Arab, mantan profesor astronomi di Universitas Al-Qassim di Arab Saudi Abdullah Al-Massand mengatakan hari pertama Ramadhan diperkirakan akan diamati pada 23 Maret.

Massand berpandangan bulan suci Sya'ban akan memiliki 30 hari karena. Pada tanggal 29 Sya'ban, bulan sabit disebut akan menjadi lebih terang sembilan menit setelah matahari terbenam.

Beliau juga menyampaikan konvergensi matahari dan bulan akan terjadi pada tanggal 29 Sya'ban yang artinya pada malam hari 21 Maret pukul 20.23. Karena itu, tambahnya, hari pertama Ramadhan akan diperingati pada 23 Maret.

Sebelumnya, Ketua Dewan Direksi Emirates Astronomy Society Ibrahim Al-Jarwan, juga telah meramalkan hari pertama bulan suci kemungkinan akan diamati pada 23 Maret. Adapun Idul Fitri kemungkinan akan terjadi pada 21 April. Menurut pemerintah Saudi, setelah matahari terbenam pada 21 Maret, penampakan bulan untuk bulan suci akan dimulai.