Ahad 12 Mar 2023 15:46 WIB

Little Indonesia di New Hampshire Didorong untuk Diperluas

Penting pula untuk mendorong ekosistem perluasan dan ketahanan UKM Indonesia di AS.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Fuji Pratiwi
Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan P Roeslani mendorong perluasan Little Indonesia hingga setahun mendatang di negara bagian Hampshire, wilayah pantai timur Amerika Serikat.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan P Roeslani mendorong perluasan Little Indonesia hingga setahun mendatang di negara bagian Hampshire, wilayah pantai timur Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan P Roeslani mendorong perluasan Little Indonesia hingga setahun mendatang di negara bagian Hampshire, wilayah pantai timur Amerika Serikat. Hal ini disampaikan dalam pembukaan Indonesian International Week di Portsmouth-New Hampshire.

Little Indonesia merupakan visi jangka panjang dari Indonesian Community Connect (ICC), sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membangun komunitas diaspora Indonesia dan meningkatkan hubungan kemitraan antara Indonesia dan AS. Little Indonesia sendiri memiliki gedung di Somersworth, sebuah kota dari 13 kota lainnya di New Hampshire. Little Indonesia bertujuan sebagai pusat budaya Indonesia untuk mempromosikan dan menjembatani budaya Indonesia di sana.

Baca Juga

"Saya ingin melihat Little Indonesia yang lebih besar dan beroperasi pada 2024," kata Rosan dalam keterangannya, Ahad (12/3/2023).

Rosan juga sempat mengunjungi beberapa pilihan lokasi baru Little Indonesia di Somersworth. Ia menargetkan peresmian Gapura "Somersworth-Little Indonesia" di lokasi yang baru dapat terwujud tahun depan.

Di sisi lain berkelindan dengan perluasan Little Indonesia, Rosan mencatat 60 persen ekonomi Indonesia dijalankan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Oleh sebab itu pemerintah memandang penting untuk mendorong ekosistem perluasan dan ketahanan usaha kecil dan menengah Indonesia di AS.

"Sama halnya dengan Pemerintah AS yang memberikan dukungan penuh kepada pengusaha kecil dan menengahnya," ujar dia.

Niat Indonesia ini disambut baik oleh Wali Kota Somersworth, Dana S Hilliard. Ia mendukung penuh dan siap bekerja sama dengan Indonesia.  

"Somersworth adalah tempat dimana mimpi menjadi kenyataan, dimana keragaman adalah akar komunitas," kata Hilliard.

Seperti diketahui, Somersworth dikenal sebagai kota tua berusia lebih dari 300 tahun dengan keindahan wisata alam, industri, dan keragaman penduduk dengan berbagai latar belakang, etnis, dan budaya.

Indonesian International Week diselenggarakan pada 9-10 Maret 2023 di Portsmouth, New Hampshire oleh ICC. Pameran dagang dan budaya ini melibatkan para pengusaha kecil dan menengah Indonesia yang mempromosikan berbagai produk serta kuliner Indonesia di AS.

Indonesian International Week juga menghadirkan seniman dari Indonesia, termasuk Sam Udjo, Jugala, dan Manshur, yang tampil pada kegiatan pentas seni budaya pada 10 Maret 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement