Selasa 07 Mar 2023 13:35 WIB

5 Perubahan Besar WhatsApp Tahun Ini

Berbagai fitur baru WhatsApp disiapkan untuk memudahkan pengguna.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp mempersiapkan lima perubahan besar pada 2023/ilustrasi.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
WhatsApp mempersiapkan lima perubahan besar pada 2023/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Awal tahun ini, Mirror melaporkan ada lima perubahan besar yang bisa dilihat WhatsApp tahun ini karena para ahli di WABetaInfo melihat apa yang akan segera siap untuk pengguna. Berikut ini lima perubahan tersebut.

  • Pintasan blokir

Memblokir kontak yang tidak diinginkan akan lebih cepat dan lebih mudah dari sebelumnya dengan pintasan baru yang akan dicantumkan di bagian opsi obrolan dari daftar obrolan pengguna. Memblokir banyak pengguna sekaligus belum menjadi opsi, tetapi fitur baru dapat diharapkan dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Baca Juga

“Menurut kami, fitur ini akan sangat membantu terutama jika Anda menerima banyak pesan dari orang yang tidak Anda kenal atau tidak ingin Anda ajak bicara, sehingga Anda dapat dengan cepat memblokirnya dengan membuka opsi obrolan,” kata WABetaInfo.

 

  • Mendeteksi teks dalam gambar

Mendeteksi gambar obrolan teks akan menjadi fitur yang berguna bagi pengguna WhatsApp di masa mendatang dan sudah tersedia di versi beta aplikasi. WABetaInfo mengungkapkan untuk mengetahui apakah fitur tersebut sudah tersedia dalam versi beta, pengguna cukup membuka gambar berisi teks dan verifikasi keberadaan tombol deteksi teks. “Jika tombolnya terlihat, Anda dapat mulai memperoleh teks dari gambar dalam percakapan Anda,” ujarnya.

Perangkat lunak ini tidak tersedia untuk pengguna iOS di versi sebelumnya selain iOS 16.

 

  • Memindahkan obrolan Android

WhatsApp memudahkan pengguna Android untuk memindahkan riwayat obrolan mereka dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ini artinya pengguna tidak perlu menggunakan Google Drive untuk mendapatkan kembali data obrolan mereka saat beralih ke perangkat baru.

Fitur tersebut masih dalam pengembangan dan tidak jelas kapan akan diluncurkan ke pengguna Android. Tetapi mungkin fitur memindahkan obrolan Android ini mungkin muncul sebagai versi beta aplikasi dalam waktu dekat.

 

  • Meneruskan media dengan keterangan.

Saat ini, ketika pengguna meneruskan gambar atau video WhatsApp ke keluarga atau teman mereka, itu dilakukan tanpa teks. Pesan tambahan juga harus dikirim jika pengguna ingin menjelaskan mengapa pesan tersebut diteruskan.

Dalam fitur baru, pengguna dapat menyimpan teks asli dari pesan apa pun yang mereka teruskan, atau memiliki opsi untuk menghapusnya. “WhatsApp memperkenalkan peringatan yang memberi tahu pengguna tentang kemampuan untuk meneruskan gambar, video, GIF, dan dokumen, dengan teks: diluncurkan kepada orang-orang yang menginstal pembaruan terbaru aplikasi hari ini,” kata WABetaInfo.

Opsi ini akan tersedia untuk semua penguji beta dan aplikasi juga memperkenalkan peringatan untuk memberi tahu pengguna tentang fitur itu.

 

  • Mode kamera WhatsApp

WhatsApp sedang mengerjakan mode kamera yang akan memungkinkan pengguna untuk beralih lebih mudah antara mode kamera dan video.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement