Senin 06 Mar 2023 23:38 WIB

Mengapa Syaban Diidentikkan dengan Bulan Shalawat? Ini Penjelasannya

Ayat perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW turun pada Syaban

Infografis Amalan di Bulan Syaban. Ayat perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW turun pada Syaban
Foto: Republika.co.id
Infografis Amalan di Bulan Syaban. Ayat perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW turun pada Syaban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Banyak sekali amalan yang dapat dilakukan umat Islam pada Syaban. Beribadah pada Syaban dapat pula kita jadikan sebagai latihan dan persiapan diri menyambut Ramadhan. 

Sayyid Muhammad bin 'Alawi al-Maliki al-Hasani menjelaskan bahwa Syaban adalah bulan di mana kita dianjurkan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga

Alasannya, menurut Sayyid Muhammad, di antara keistimewaan Syaban adalah bulan turunnya ayat ke-56 surat Al Ahzab di mana Allah SWT berfirman: 

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (Lihat Sayyid Muhammad bin 'Alawi al-Maliki, Syahr Sya'ban Madza fih, hlm 9) 

Selain memperbanyak membaca shalawat, Sayyid Muhammad bin 'Alawi juga menganjurkan agar kita umat Islam sesering mungkin membaca Alquran.

Memang, membaca Alquran dianjurkan setiap waktu tanpa batasan, akan tetapi, menurut Sayyid Muhammad anjuran membaca Alquran lebih ditekankan lagi pada bulan dan tempat yang mengandung keberkahan. Seperti Ramadhan dan Syaban, Kota Makkah, Raudlah, dan lain sebagainya. (Syahr Sya'ban Madza fih, hlm 10) 

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Dengan mengutip hadits dlaif (lemah) yang masih bisa dijadikan sandaran untuk meraih fadilah laku amal, Sayyid Muhammad menghadirkan riwayat Anas bin Malik: 

"Ketika memasuki bulan Syaban, orang-orang Muslim sibuk membaktikan diri di depan mushaf dan mereka membacanya, mereka juga mengeluarkan zakat yang diberikan kepada orang-orang lemah dan miskin agar mereka mampu menjalani puasa di bulan Ramadhan." (Syahr Sya'ban Madza fih, hlm 10) 

Mudah-mudahan Allah SWT mempermudah kita dengan memberi hidayah taufik, serta pertolongan supaya kita dapat sebanyak mungkin bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan banyak membaca Alquran.

 

Sumber: MUI  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement