Selasa 28 Feb 2023 13:30 WIB

Permintaan Paling Baik kepada Allah Menurut Syekh Ibnu Athaillah

Kerjakan apa yang diminta Allah kepada kita.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Permintaan Paling Baik kepada Allah Menurut Syekh Ibnu Athaillah. Foto:  Ilustrasi Berdoa.
Foto: Pixabay
Permintaan Paling Baik kepada Allah Menurut Syekh Ibnu Athaillah. Foto: Ilustrasi Berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap manusia khususnya umat Islam sering menyampaikan permintaan dan harapan kepada Allah SWT. Sebagai contoh meminta dicukupkan harta kekayaan, meminta dijauhkan dari segala penyakit dan musibah, dan lain sebagainya.

Namun, menurut Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari ada permintaan yang paling baik untuk disampaikan seorang hamba kepada Allah SWT.

Baca Juga

"Sebaik-baik yang kamu minta kepada Allah SWT adalah sesuatu yang diminta-Nya dari kamu." (Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari dalam kitab Al-Hikam)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering meminta dan memohon kepada Allah SWT baik meminta materi, ketenangan jiwa, terlepas dari bencana, dan lain sebagainya. Padahal sebaik-baik permintaan adalah meminta agar kita mampu menjalankan perintah-Nya.

 

Jika kamu diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengerjakan sholat maka kerjakanlah. Jika kamu di­perintahkan oleh Allah SWT berpuasa pada bulan Ramadhan maka kerjakanlah. Jika kamu diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan zakat maka keluarkanlah.

Intinya, apapun yang diperintahkan oleh Allah SWT harus kita kerjakan. Sebab, mengerjakan semua perintah Allah SWT merupakan jalan pembuka yang akan menuntun kamu menuju karunia-Nya, walaupun kamu sendiri tidak mengungkapkannya.

Semua perintah dan larangan-Nya bertujuan menge­luarkan kamu dari siksaan-Nya, dan memasukkan kamu dalam lingkaran nikmat-Nya. Jadi, janganlah enggan untuk

menjalankan setiap detail perintah-Nya, sebab itu adalah gerbang menuju rahmat-Nya.

Hal ini dijelaskan Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari dalam kitab Al-Hikam dengan penjelasan tambahan oleh Penyusun dan Penerjemah Al-Hikam, D A Pakih Sati Lc dalam buku Kitab Al-Hikam dan Penjelasannya yang diterbitkan penerbit Noktah tahun 2017.

Terjemah kitab Al-Hikam oleh Ustaz Bahreisy menambah penjelasan perkataan Syekh Athaillah. Ia menerangkan bahwa doa terbaik yang dipanjatkan kepada Allah adalah meminta diri ini tetap beriman, patuh atau taat pada semua perintah Allah dan larangan Allah, serta istiqomah dalam mengabdikan diri kepada Allah.

Itulah doa terbaik yang harus dipanjatkan kepada Allah. Demi kebaikan diri ini di dunia dan akhirat. Sebab jika doa ini dikabulkan Allah, maka akan menjadi kebahagiaan yang tiada tara bandingannya.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement