Jumat 24 Feb 2023 19:02 WIB

Keutamaan Menghadiri Majelis Dzikir

Menghadiri majelis dzikir memiliki sejumlah keutamaan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Menghadiri Majelis Dzikir. Foto: Dzikir Nasional (ilustrasi)
Foto: Republika TV
Keutamaan Menghadiri Majelis Dzikir. Foto: Dzikir Nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Menghadiri majelis dzikir memiliki sejumlah keutamaan. Ini sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW dalam haditsnya ketika seorang sahabat yang bertanya:

"Wahai Rasulullah apa ghonimah majelis-majelis dzikir? Rasulullah menjawab, ghonimah majelis-majelis dzikir adalah surga," Hadits ini melalui jalur Al Hasan bin Musa hingga Abdullah bin Amru. Redaksi hadits ini dapat ditemukan dalam Musnad Ahmad.

Baca Juga

Begitupun dalam ringkasan dari sebuah hadits lainnya dijelaskan bahwa Allah mempunyai malaikat yang terus berkeliling mencari majelis dzikir. Ketika telah mendapati majelis dzikir, malaikat tersebut duduk dan menyelimutkan sayapnya hingga memenuhi ruangan itu.

Bila majelis dzikir itu telah selesai, malaikat itu pun akan naik ke langit.  Malaikat itu pun menjelaskan kepada Allah SWT tentang hamba-hamba yang melafazkan tasbih, takbir dan tahmid dan memohon kepada Allah SWT akan surga dan pelindungan dari neraka. Allah pun mengampuni orang-orang tersebut dan memberikan apa yang dimintanya serta melindungi dari neraka.

 

Redaksi lengkap hadits ini dapat ditemukan dalam syarah sahih Muslim nomor 2689 di mana hadits itu melalui jalur Muhammad bin Hatim hingga Abu Hurairah dan kedudukan hadits itu sahih berdasarkan ijma ulama. Bahkan dalam lanjutan hadits itu dijelaskan bahwa Allah SWT juga mengampuni hambanya yang mempunyai dosa dan kebetulan hanya lewat dan duduk di suatu masjekis dzikir.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement